Catur Sentosa Buyback Saham

VIVAnews - PT Catur Sentosa Adiprana Tbk (CSAP) dikabarkan bakal membeli kembali sahamnya (buyback) dalam waktu dekat.

Sumber VIVAnews mengatakan, perseroan berencana menyiapkan dana sampai Rp 200-300/saham untuk mendukung aksi membeli kembali sahamnya. Selain itu, Catur Sentosa juga dikabarkan segera merealisasikan langkahnya mengakuisisi Ace Hardware pada tahun ini.  "Dua opsi itu akan diumumkan pada publik," ujarnya.

Triana Soenaryo, direktur keuangan Catur Sentosa ketika dimintai konfirmasinya mengakui, perseroan memang memiliki wacana untuk membeli kembali sahamnya. Sebab, hal itu perlu dilakukan untuk kepentingan perusahaan dan para  pemegang saham. "Langkah itu sedang dipikirkan. Apalagi, bukan kita saja yang bakal melakukan buyback," kata dia kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa malam, 4 Nopember 2008.

Dia menambahkan, perseroan juga berencana untuk mengakuisisi perusahaan sejenis. Sebab, hal itu perlu ditempuh demi perluasan jaringan dan peningkatan kinerja Catur Sentosa ke depan. "Pokoknya, kalau itu yang terbaik bagi perusahaan dan pemegang saham akan kita lakukan," tegas Triana.

Per 30 September 2008, PT Buanatata Adisentosa memiliki saham berkode CSAP sebesar 45,78 persen dan PT Ekasentosa Jayasukses sebanyak 15,76. Sedangkan sisanya dimiliki publik.

Pada perdagangan Selasa, 4 Nopember 2008, CSAP ditutup melemah Rp 2 di level Rp 168. Broker PT Investindo Nusantara Sekuritas dengan kode IN tercatat sebagai salah satu broker yang paling banyak mengoleksi saham Catur Sentosa.

Menurut pengamat pasar modal David Cornelis, pembelian kembali saham dan akuisisi adalah aksi korporasi yang positif dan dinanti pelaku pasar. Sebab, hal itu bertujuan untuk meningkatkan nilai perusahaan yaitu dengan menjaga kontribusi laba bersih dan pendapatan ke depannya. "Jadi, saham perusahaan akan menjadi menarik untuk dikoleksi," jelasnya.

Pada kuartal III-2008, perseroan mencatat penjualan bersih Rp 2,08 triliun dan laba bersih mencapai Rp 48,25 miliar, serta laba bersih per saham sebesar Rp 17.

Kasus Remaja Perempuan 16 Tahun Ditemukan Tewas di Dalam Hotel, Polisi Tangkap 2 Pria
Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong

PSSI Buka Suara soal Nilai Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia hingga 2027

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir, memastikan memberi perpanjangan kontrak kepada kontrak Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024