Pemilu AS

Raih 135 Suara, McCain Merangkak Cepat

VIVAnews - Perolehan suara kandidat Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik John McCain merangkak cepat. McCain sudah mengantongi suara mencapai 135 suara. Sedangkan bocah Menteng yang menjadi kandidat dari Partai Demokrat Barack Obama, masih unggul diperolehan 207 suara elektor.

Hasil perolehan suara tersebut berdasarkan siaran televisi CNN, pukul 10.25 WIB, Rabu, 5 November 2008. Berdasarkan aturan, baik Obama maupun McCain harus membutuhkan minimal 270 suara elektor. Dengan demikian Obama sudah mengumpulkan lebih dari 50 persen dari jumlah minimal, yaitu 270, untuk tampil sebagai presiden baru AS.

Obama tinggal membutuhkan 63 electoral vote untuk bisa melenggang ke Gedung Putih menggantikan George W Bush. Dalam pemilu AS, dukungan yang sah adalah suara dari para elektor atau perantara, bukan suara langsung dari pemilih.

Beberapa negara bagian lain yang sudah diungguli Obama yakni Massachusetts, Connecticut, Illinois, New Jersey, Maine, Maryland. Wisconsin, Michigan, New York, Rhode Island, Minnesota, Pennsylvania, New Hampshire, Vermonta, Delaware, Maine, serta Washington DC.

Sedangkan Kandidat dari Partai Republik McCain juga tercatat unggul di beberapa wilayah. McCain dilaporkan mengungguli Obama di Kentucky, Tennessee, West Virginia, South Carolina, Oklahoma, Wyoming, Alabama dan Arkansas.

Jadwal Semifinal Piala Asia U-23, Irak Paksa Vietnam Angkat Kaki
Meisya Siregar dan Bebi Romeo.

Baru Lunas di Usia 45 Tahun, Meisya Siregar Ingatkan Gen Z Soal Rumah KPR

Pasangan Meisya Siregar dan Bebi Romeo akhirnya bisa melunasi utang kredit pemilikan rumah (KPR). Setelah sekian lama menyicil rumah yang dihuni, kini bisa bernapas lega.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024