Imbas Krisis Global

Cadangan Devisa Korea Amblas Rp 300 Triliun

VIVAnews - Cadangan Korea Selatan terkuras hingga US$ 27,4 miliar atau hampir Rp 300 triliun dari September hingga Oktober. Penurunan dalam tempo satu bulan ini bagian dari upaya bank sentral habis-habisan menjaga nilai tukar won Korea Selatan.

Menurut keterangan Bank of Korea, cadangan devisa pada akhir September masih US$ 239,7 miliar. Namun, pada akhir Oktober sudah merosot tajam hingga menjadi US$ 212,3 miliar. Penurunan ini sebagai imbas krisis keuangan global terhadap negeri ginseng tersebut.

"Ini adalah penurunan terbesar dalam sepuluh tahun," ujar Kwon Joon Suk, ekonom bank sentral Korea Selatan. Menurut dia, penurunan sebesar 11,4 persen ini adalah yang terbesar sejak cadangan devisa bank sentral Korea anjlok sebesar 16,4 persen pada Desember 1997 saat krisis ekonomi melanda Asia.

Menurut bank sentral, penurunan ini banyak dipicu oleh guyuran likuiditas valas bank sentral ke sektor keuangan yang mengalami kekeringan likuiditas. Di sisi lain, Bank of Korea juga telah berupaya menjaga nilai tukar mata uang won terhadap dolar Amerika Serikat.

Perbankan dan perusahaan Korea membutuhkan dolar dalam jumlah besar untuk menutupi utang-utang jangka pendek. Saat ini, sebagian dari mereka sedang bernegosiasi dengan para kreditor untuk memperpanjang jatuh tempo utangnya.

Penurunan cadangan devisa Korea tahun ini terjadi di tengah spekulasi bahwa bank sentral Korea habis-habisan menjual dolar dan membeli won sebagai upaya menjaga kurs won yang anjlok paling buruk di Asia. Bahkan, bank sentral Korea sudah menghabiskan sekitar US$ 52 miliar dalam tempo 7 bulan hingga Oktober.

Geger Penemuan Fosil Ular Lebihi Ukuran T-rex, Begini Bentuknya

Untuk mengamankan cadangan devisanya, Bank of Korea telah menjalin kerja sama dengan Federal Reserve Amerika Serikat untuk mendapatkan fasilitas pinjaman US$ 30 miliar jika diperlukan melalui currency swap agreement. Kesepakatan yang sama dicapai The Fed dengan Brazil, Meksiko dan Singapura.

Lee Myung-bak, Presiden Korea Selatan pada Senin lalu mengatakan kesepakatan dengan Amerika dilakukan untuk mengurangi kecemasan pelaku pasar atas mata uang Korsel. Mata uang Korsel telah anjlok 27 persen terhadap dolar sejak awal tahun ini, sedangkan indeks di bursa saham Korsel merosot 39 persen.

AP

Jadwal SIM Keliling Jakarta, Bogor, Bekasi, Bandung Kamis 25 April 2024
Ilustrasi kiamat.

Terkuak 5 Kejadian yang Terjadi di Dunia Dikaitkan Ketakutan soal Kiamat

 Kiamat merupakan peristiwa hancurnya kehidupan alam semesta. Kiamat adalah sesuatu yang diyakini dan disepakati oleh ilmu pengetahuan maupun agama. Tak ada satupun tahu

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024