Motor Pertama di Muka Bumi

VIVAnews - Motor pertama kali dirakit di Jerman. Buah tangan seorang ahli mesin Jerman Gottlieb Daimler pada 1885, pria kelahiran Schorndorf 17 Maret 1834. Sedangkan perancang sepeda motor sudah dimulai oleh Ernest Michaux seorang Perancis pada 1868.

Tenaga Penggerak yang dipergunakan pada waktu itu direncanakan ialah mesin uap. Proyek ini gagal, kemudian Edward Butler mencoba menyempurnakan dengan membuat kendaraan lain. Dia membuat kendaraan tiga roda dan digerakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.

Akhirnya masih di tahun yang sama, Gottlieb Daimler, memperkenalkan ciptaannya berupa sepeda bermesin. Kali ini baru berhasil.

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer

Bagaimana pun jenis kendaraan ini belum dikenal masyarakat,  sampai 1892 Henry Hilderband dari Munich, waktu itu masih Jerman Barat, memperkenalkan sepeda motor model baru, yang disusul oleh Werner Brothers pada 1897.

Selanjutnya, Daimler mengambil keputusan memproduksi mesin untuk sepeda Gottlieb Daimler. Menjelang 1883 dia menciptakan mesin dengan sistem pembakaran sempurna (tetapi bukan seperti mesin yang kita kenal sekarang) pada sebuah sepeda kayu yang dia desain sendiri.

Sepeda itu memiliki empat roda, termasuk dua roda tambahan. Hasilnya, mesin mampu menggerakkan roda dengan kecepatan 700-900 putaran per menit. Lebih jauh dari itu, Daimler berusaha mati-matian membuat mesin untuk sepeda, yang berarti sepeda motor pertama di dunia.

Di zaman sekarang ini berbagai motor berteknologi tinggi sudah mulai lahir. Beragam merek sudah ada. Di Jakarta saja sudah ada 5 juta unit sepeda motor yang berseliweran di jalanan.

Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024