Utang Valas Dikonversi, Rupiah Tembus 11.300

VIVAnews - Langkah perusahaan mengkonversi utang valas ke rupiah menyebabkan perburuan terhadap dolar masih terus berlangsung. Nilai tukar rupiah pun merosot ke level Rp 11.300 per US$.

"Kurs melemah karena masih banyak perusahaan konversi utang dolar ke rupiah," ujar Emmanuel Krisnijayanto, dealer valuta asing Bank Niaga kepada VIVAnews di Jakarta, Selasa, 11 November 2008.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

Kejadian itu, menurut dia, terlihat di bank-bank masih banyak perusahaan yang menukar dolar. Mereka memburu dolar untuk melunasi utangnya dulu, kemudian baru menukar utangnya ke rupiah.

Menurut dia, langkah itu dilakukan oleh perusahaan karena mereka khawatir nilai tukar rupiah masih akan melemah sehingga mereka menukar pinjaman valasnya ke mata uang lokal. Di tambah lagi faktor ketidakpastian pasar yang masih berlanjut entah kemana. "Pelaku pasar masih belum percaya."

Akibatnya, kurs rupiah pada hari ini diperdagangkan melemah di level 11.300 per US$. Bahkan, kurs sempat menembus Rp 11.350 per US$ dalam perdagangan di pasar spot antarbank Jakarta. Nilai tukar ini melemah lagi dibandingkan transaksi pagi di level 11.100-11.200 per US$.

Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024