Indeks Saham di Wall Street Kembali Terpuruk

VIVAnews - Bursa saham di Wall Street, New York, kembali terpuruk dengan anjloknya semua indeks saham di akhir perdagangan Rabu sore, 12 November 2008  (Kamis pagi WIB). Selain masih khawatir akan suramnya laporan penerimaan laba perusahaan-perusahaan di AS, investor juga terkejut dengan perubahan alokasi bantuan dana dari pemerintah senilai US$700 miliar.

Indeks saham industri Dow Jones merosot lebih dari 410 poin. Demikian pula dengan indeks-indeks lain yang jatuh hingga lebih dari 4 persen.

Indeks Dow anjlok sebanyak 411,30 poin (4,73 persen) ke level 8.282,66. Level tersebut merupakan level terendah bagi Dow sejak 27 Oktober lalu. Pada tanggal 27 Oktober, indeks Dow ditutup turun ke level 8.175,77, level terendah dalam lima setengah tahun terakhir. Berarti sejak Senin pekan ini, indeks Dow telah kehilangan 7,4 persen. 

Indeks Standard&Poor 500 jatuh sebanyak 46,65 poin (5,19 persen) ke level 852,30. Sedangkan indeks gabungan Nasdaq merosot 81,69 poin (5,17 persen) ke level 1.499,21. Indeks perusahaan-perusahaan kecil Russell 2000 jatuh sebanyak 29,49 poin (6,11 persen) ke level 452,80.

Berita buruk tentang penerimaan laba perusahaan terus berdatangan. Senin malam lalu, Starbucks Corp. mengumumkan penurunan penjualan di gerai-gerai kopi mereka. Selasa pagi, Toll Brothers Inc. melaporkan penerimaan laba yang menurun tajam. Perusahaan kontraktor tersebut juga sulit memprediksi keuntungan yang akan diperoleh pada tahun 2009.

Ritel department store, Macy's Inc merugi US$ 44 juta dalam kuartal ketiga. Ritel elektronik Best Buy Co. mengurangi  perkiraan penerimaan untuk tahun fiskal 2009 karena takut pengeluaran konsumen akan terus diturunkan.

Berita buruk terbaru datang dari Intel Corp., perusahaan pengembang perangkat lunak dan keras, mengumumkan prediksi penurunan penerimaan kuartal keempatnya. Saham Intel jatuh, dan pengumumannya mungkin akan mengancam perdagangan saham Kamis ini.

“Sepertinya berita-berita buruk bakal terus berdatangan,” ungkap Anton Schutz, manajer portfolio Burnham Financial Industries Fund dan the Burnham Financial Services Fund. “Penjualan saham tak mengenal kasihan,” lanjut Schutz. (AP)

Jasa Marga Beri Diskon Tarif Tol Arus Balik Lebaran, Catat Tanggalnya
Ilustrasi musim hujan.

BMKG: Wilayah DKI Jakarta Bakal Diguyur Hujan Pada Jumat Siang

Data dari laman resmi BMKG menyatakan, wilayah Jakarta Pusat, Timur, Barat, Selatan, pada Jumat pagi berawan sementara Jakarta Utara dan Kabupaten Kepulauan Seribu hujan.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024