Sengketa Pilkada Jawa Timur

Saksi: Tak Ada Pembongkaran Kotak Suara

VIVAnews - Anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) Desa Pajagalan, Sumenep, Imam Abubakar membantah adanya pembongkaran kotak suara dalam Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur.
 
Anggota KPPS Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 Desa Pajagalan itu menilai tim sukses Khofifah Indar Parawangsa-Mudjiono telah memfitnah KPPS karena menyebarkan informasi soal pembongkaran kotak suara.

Peristiwa yang sebenarnya terjadi saat itu, menurut Imam, adalah pihaknya tengah menyusun kembali berita acara sesuai urutan saat itu. Kotak suara, kata dia, memang tak tergembok karena gemboknya hilang.

"Kalau begini, nama saya hancur Pak Hakim," kata Imam dengan logat Madura yang kental dalam sidang sengketa Pilkada Jawa Timur di Mahkamah Konstitusi, Jumat 21 November 2008.

Ia menjelas pada saat peristiwa itu, pemungutan suara sudah selesai namun saksi dari kedua belah pihak masih ada di lokasi. Namun, kedua saksi tidak menyatakan keberatan apapun. "Karena berita acara sudah ditandatangani," tambah Imam yang dihadirkan Komisi Pemilihan Umum sebagai saksi.

Usai memberikan keterangan di depan Majelis Hakim Konstitusi, kepada wartawan Imam menunjukkan foto bukti bahwa tidak ada pembongkaran kotak suara. Dalam foto itu, terlihat gambar kotak suara tidak bergembok tapi tersegel. Di sisi bagian belakang, beberapa orang terlihat sedang membongkar bilik suara.

"Bukan kotak suara yang dibongkar tapi bilik suara," kata Imam sambil menunjukkan sebuah foto kepada wartawan.

Seperti diketahui pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa-Mudjiono (Kaji) menggugat Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Timur secara hukum melalui Mahkamah Konstitusi dan Pengadilan Tinggi Surabaya.

Gugatan tersebut dilayangkan setelah ada dugaan kecurangan yang dilakukan pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) ditingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 38 Kabupaten dan kota, padahal saat itu pasangan Kaji memenangi 23 kabupaten.

Profil Sandra Dewi, Artis Cantik yang Suaminya Terjerat Kasus Korupsi
Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Kubu 03 Bantah Pemilu Ulang Hambat Pelantikan Presiden Terpilih: Alasan Mengada-ada

Kubu 03 Ganjar-Mahfud menyampaikan argumen Pilpres 2024 sudah disiapkan skenario dua putaran. Maka itu, tak ada masalah dengan pemilu ulang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024