Nasabah Century Hanya Boleh Ambil Rp 50 Juta

VIVAnews - PT Bank Century Tbk membatasi pengambilan dana oleh nasabahnya. Per nasabah maksimal hanya bisa menarik dana tunai Rp 50 juta. Sedangkan transaksi di atas Rp 50 juta hanya bisa dilakukan lewat RTGS.

Salah satu teller Bank Century, Andre Gultom (23), menjelaskan pembatasan dilakukan karena kebanyakan nasabah melakukan pengambilan atau transfer dana. "Makanya dibatasi," kata Andre kepada wartawan di Kantor Pusat Bank Century, Senayan, Jakarta, Senin 24 November 2008.

Pembatasan pengambilan dana sebesar Rp 50 juta, kata dia, hanya diberlakukan untuk hari pertama. Sedangkan hari lain tidak ada pembatasan.

Hari pertama operasional Bank Century pasca pengambilalihan oleh pemerintah, jumlah nasabah relatif ramai. Namun tidak sampai terjadi antrean. Karena kebanyakan nasabah tidak datang berbarengan. 

Salah satu nasabah, Amelia, mengaku masih percaya menyimpang uangnya di Bank Century. Karenanya ia tidak mengambil seluruh uangnya yang disimpan di bank. "Saya hanya ambil US$ 1.000 karena memang membutuhkan dana itu sekarang," kata dia.

Sedangkan Daniel,  nasabah lainnya, mengaku mengambil uang tunai sebesar Rp 50 juta karena pihak bank tidak mengizinkan pengambilan dana lebih dari itu.

Pemerintah melalui Lembaga Penjamin Simpanan mengambilalih manajemen Bank Century pada Jumat 21 November 2008. Bank diambil alih setelah mengalami likuiditas yang membuat CAR-nya terpangkas jauh.

Meski Dilarang AS dan Barat, Israel 'Keukeuh' Akan Tetap Kembali Serang Iran
Ilustrasi Matahari

5 Negara Tanpa Malam, Matahari Hampir Tidak Pernah Terbenam

Sebagian besar negara di dunia mengalami siklus siang dan malam, tetapi ada negara-negara di mana fenomena matahari tengah malam terjadi, yang artinya matahari terus ada

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024