Malasyia Haramkan Yoga

Penderita Kanker Khawatirkan Larangan Yoga

VIVAnews - Mantan penderita kanker merasa kecewa dengan adanya fatwa haram untuk senam yoga di Malaysia. Datuk Zuraidah Atan dari Masyarakat Kanker Nasional Malaysia mengatakan bahwa dia menerima banyak komplain dari para mantan penderita kanker terkait fatwa tersebut.

Pasalnya, mereka melakukan gerakan-gerakan yoga untuk membantu meningkatkan pemulihan tubuh. "Fatwa semacam itu [larangan berlatih yoga] menimbulkan kekhawatiran yang tidak perlu, seperti efek negatif bagi fisik dan psikologi. Beberapa dari mereka [praktisi yoga] kini merasa bersalah karena mempraktekkan yoga," kata Zuraidah, seperti dikutip dari The Star Online, Senin 24 November 2008.

 "Dewan Fatwa harus menjelaskan maksud larangan tersebut dengan tepat sehingga umat Muslim yang berlatih yoga, termasuk mantan penderita kanker, tidak merasa bersalah," tambah Zuraidah. Zuraidah menjelaskan bahwa lembaganya setiap pekan mengadakan sesi latihan yoga gratis bagi orang-orang yang selamat dari ancaman kanker. Latihan terutama ditujukan bagi mereka yang berusia lebih dari 40 tahun. Latihan tersebut meliputi relaksasi dan latihan pernafasan.

"Selain yoga, kami juga mengadakan sesi latihan qi gong. Apakah Dewan Fatwa juga akan melarang latihan qi gong karena metode relaksasi itu berakar pada Budhisme? Lalu bagaimana dengan line dancing? Kami juga mengadakan latihan line dancing bagi mereka yang sembuh dari kanker," kata Zuraidah. Qi gong adalah salah satu jenis olah tubuh dalam yoga. Sedangkan, line dancing adalah sejenis tarian dinamis yang dilakukan bersama-sama oleh beberapa orang.

Zuraidah menjelaskan, qi gong dan line dancing sangat bermanfaat bagi mantan penderita kanker karena gerakan-gerakan dalam kedua olahraga tersebut sangat dinamis. Ini bisa menumbuhkan pikiran positif dan juga semangat persatuan antar mantan penderita kanker, tanpa memandang ras dan agama. Zuraidah menekankan bahwa yoga amat murni, bebas dari pengaruh agama.

"Sebagian besar masyarakat tahu tentang ini. Yoga yang diajarkan di pusat pelatihan Yoga hanya berkonsentrasi pada teknik dan tidak ada hubungannya dengan mempromosikan Hinduisme," tambah Zuraidah.

Pekan kemarin, Dewan Fatwa Nasional Malaysia telah menyatakan bahwa yoga haram hukumnya dalam Islam, dan umat Muslim dilarang untuk mempraktekkannya.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

Ketua Dewan Fatwa Nasional, Datuk Dr. Abdul Shukor Husin mengatakan yoga telah dipraktekan oleh masyarakat Hindu selama ribuan tahuan dan menyatukan dengan gerakan fisik, elemen keagamaan bersamaan dengan nyanyian dan pujian, dengan tujuan “bersatu dengan Tuhan”.

Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024