LPS Suntik CAR Bank Century Sampai 10%

VIVAnews - Lembaga Penjamin Simpanan menyuntikan sejumlah dana ke Bank Century. Jumlahnya masih dirahasiakan. Yang pasti rasio kecukupan modal (CAR) bank yang semula minus 2,3 persen kini melambung jadi 10 persen.

"Dari regulator ada yang harus dirahasiakan. Jadi kita dibatasi aturan regulator," kata Direktur Utama Bank Century Maryono saat ditanya berapa dana yang digelontorkan untuk menyelamatkan CAR bank di sela pertemuan dengan nasabah bank di Hotel Atlet Century, Jakarta, Kamis 27 November 2008.

Yang jelas dengan suntikan dana tersebut, CAR bank sudah positif sesuai ketentuan Bank Indonesia. "LPS sanggup memenuhi CAR 10 persen," kata Maryono.

Tidak hanya CAR, giro wajib minimum (GWM) utama bank juga sudah melebihi ketentuan bank sentral sebesar lima persen. Bahkan dari dana yang disiapkan, kata Maryono, ada kelebihan sebesar Rp 100 miliar. "Kelebihan dana Rp 100 miliar disimpan melalui FASBI (Fasilitas Bank Indonesia)," ujar dia.

Dengan posisi CAR dan GWM tersebut, manajemen akan mengelola Bank Century sesuai ketentuan regulator dan mengutamakan kehati-hatian supaya bank bisa dikelola sesuai good corporate governance.

"Ke depan kita akan menyiapkan rencana strategis. Satu minggu lagi. Kita sampaikan akan dibawa ke mana Bank Century," katanya. Saat ini langkah yang dilakukan baru sebatas mengatasi masalah likuiditas, solvabilitas, dan bagaimana meningkatkan kepercayaan.

Ratusan Karyawan PT PRLI Demo Lagi, Minta MA Lakukan Penggantian Majelis Hakim
Chief Executive Officer Indodax Oscar Darmawan.

Asia Tenggara Bisa Jadi Pemimpin Industri Kripto Dunia, Begini Penjelasannya

Penelitian Statista mengungkapkan, pasar kripto di Asia Tenggara diproyeksikan mencapai US$1.787 juta atau sekitar Rp27,5 triliun pada tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024