Jakarta Segera Miliki Jalur Sepeda

VIVAnews - Kota Jakarta mulai ramah terhadap pengguna sepeda. Tak lama lagi, Jakarta akan membangun jalur sepeda (bike way).

Melalui proyek percontohan Urban Park Connector, jalur sepeda itu akan mengambil rute Blok M-Monas. "Sekarang kita sedang mempersiapkan jalurnya. Akhir Desember mudah-mudahan sudah dapat dinikmati," kata Kepala Dinas Pertamanan DKI Jakarta Ery Basworo kepada VIVanews, Senin 1 Desember 2008.

Proyek ini merupakan respons Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menyediakan jalur khusus bagi kendaraan non-motor yang aman dan nyaman. Proyek ini juga sekaligus sebagai solusi mengurangi kemacetan dan pencemaran udara berbiaya murah dengan teknologi sederhana, tetapi berdampak positif luas.

Jalur khusus sepeda selebar 1 meter itu, nanti akan memotong sisi kiri jalur pedestrian atau jalur pejalan kaki. Rutenya, akan menghubungkan fasilitas-fasilitas kota seperti taman, air mancur, dan jalur hijau. "Ke depannya juga bisa sebagai pendukung moda Transjakarta dan kereta,"  ujarnya.

Jalur yang akan diujicobakan melewati rute Blok M (Taman Christina Martatiahahu) - Walikota Lama (Jalan Trunojoyo) - Jalan Pattimura - Air Mancur Senayan - Jalan Jenderal Sudirman - Semanggi - Jalan MH Thamrin - Monas.

Tahap selanjutnya akan diujicobakan jalur Menteng-Monas melalui Taman Suropati - Jalan Teuku Umar - Jalan Cut Mutiah - Jalan Menteng Raya - Jalan Medan Merdeka Selatan - Jalan Medan Merdeka Barat - Monas. "Tapi untuk rute ini butuh usaha besar karena trotoarnya banyak yang sempit," ujarnya.

Bawaslu RI Sebut Penyelenggara Pemilu Wajib Jalankan Putusan MK
Pemain Arema FC Syaeful Anwar

Arema FC Bawa Skuad Terbaik ke Markas Borneo FC

 Arema FC membawa skuad terbaiknya saat melawan juara reguler series Liga 1 Borneo FC Samarinda. Duel antara Singo Edan melawan Pesut Etam di Stadion Batakan, Balikpapan.

img_title
VIVA.co.id
21 April 2024