Vietnam Duga Khong Guan Tercemar Melamin

VIVAnews - Ketua Pusat Informasi Produsen Industri Makanan dan Minuman (PIPIMM) Suroso Natakusuma membenarkan pemerintah Vietnam telah menemukan kandungan melamin dalam produk biskuit Khong Guan.

"Tapi sedang diselidiki apakah diproduksi di Indonesia atau Thailand," kata Suroso di Jakarta, Senin 6 September 2008.

Informasi ini masih belum ditindaklanjuti mengingat pengumuman dari Vietnam baru diterima bertepatan saat Hari Raya Idul Fitri. Namun PIPIMM sedang berusaha menanyakan ke eksportir soal kejelasan tuduhan tersebut. Jika benar biskuit dimaksud diproduksi di Indonesia, ia mengkhawatirkan dengan peredarannya di dalam negeri. Selain Asia, pasar Khong Guan juga merambah Eropa.

Sementara itu menanggapi 6 produk impor yang dinyatakan positif mengandung melamin, Suroso merasa masyarakat tidak perlu khawatir karena peredaran produk tersebut relatif sedikit.
 
"Masyarakat harus cerdas membeli produk, itu ilegal atau tidak, mengandung melamin atau tidak," katanya. Selama ini Suroso mengakui masyarakat belum tahu produk yang legal adalah yang punya kode BPOM.

Vietnamese EV Taxi Service Push Sustainability Agenda with VinFast
Ilustrasi utang.

5 Negara yang Paling Jarang Utang di Dunia, Nomor 1 Tetangga Indonesia

Tidak semua negara di dunia ini mengandalkan utang dalam proses pembangunan dan pengelolaan pemerintahannya. Ada lima negara yang memiliki tingkat utang paling rendah.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024