Pesawat Tempur AS Lagi-Lagi Jatuh, Tiga Tewas

VIVAnews - Jet militer jatuh dan menewaskan sedikitnya tiga orang dan tiga rumah hancur. Jet tempur F/A-18D Hornet milik marinir Amerika Serikat (AS) tersebut jatuh di pemukiman padat penduduk di San Diego, negara bagian California, AS, Senin menjelang siang waktu setempat, 8 Desember 2008 (Senin malam WIB).

Pesawat tersebut sebenarnya akan mendarat di Pangkalan Udara Korps Marinir Miramar yang berjarak 3 mil (sekitar 3,2 kilometer) dari lokasi kejadian. Juru bicara Pangkalan Udara Korps Marinir Miramar menyatakan bahwa pilot pesawat selamat, kondisinya stabil dan kini berada di rumah sakit angkatan laut di San Diego.

Juru bicara Miramar, Katheryn Putnam, mengatakan bahwa pesawat jatuh ketika pilot kembali dari sebuah pelatihan di USS Lincoln yang berada di tepi pantai San Diego. Putnam belum dapat memastikan penyebab jatuhnya pesawat.

Para penyelidik saat ini sedang mengumpulkan informasi dari perekam data penerbangan. Tidak ada indikasi bahwa pilot mengonsumsi alkohol ataupun obat-obatan.

Pejabat Dinas Pemadam Kebakaran, Mayor Jerry Sanders, mengatakan bahwa dua orang tewas. menyatakan bahwa dua orang tersebut sedang berada di dalam sebuah rumah ketika peristiwa naas itu terjadi.

Penghuni rumah tersebut diyakini terdiri atas dua dua anak, seorang ibu, dan seorang perempuan lanjut usia. Namun belum dipastikan siapa dari keempat penghuni tersebut yang menjadi korban tewas.

Juru bicara Dinas Pemadam Kebakaran, Maurice Luque, mengatakan bahwa tiga rumah hancur. Petugas pemadam kebakaran membereskan tumpukan reruntuhan rumah 3,5 jam setelah kejadian, dengan asap masih membumbung.

Sekitar penghuni 20 rumah dievakuasi dan belum jelas kapan mereka akan kembali. Pada tahun 2006, pesawat F-18 pernah jatuh di Miramar.

Saat itu pilot bebas dari malapetaka karena berhasil keluar dengan kursi lontar. Miramar yang pernah digunakan untuk lokasi syuting film Top Gun merupakan pangkalan yang dihuni sekitar 10.000 marinir.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Pangkalan yang pernah dioperasikan Angkatan Laut AS tersebut diserahkan kepada Marinir tahun 1996. (AP)

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024