Investasi 2008 Tertinggi Selama 18 Tahun

VIVAnews - Realisasi investasi Januari - November 2008 mencatat rekor tertinggi sejak 18 tahun terakhir. Realisasi ini mencapai US$ 16,08 miliar, atau naik 15,5 persen dari tahun lalu.

"Realisasi investasi melampaui angka tertinggi pada 1990," ujar Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) M Lutfi di sela Investment Award, di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Rabu 10 Desember 2008.

Realisasi investasi ini mayoritas disokong oleh penanaman modal asing (PMA) yang mencapai US$ 14,2 miliar. "Pencapaian ini jauh di atas target hingga akhir tahun, US$ 9,92 miliar," kata dia.

Dibandingkan tahun lalu, realisasi investasi sejak Januari - November naik 40,4 persen, dengan 1.029 proyek. Jakarta sebagai penyerap investasi PMA terbesar, US$ 9,62 miliar sebanyak 404 proyek. Disusul Jawa Barat 2,39 miliar (255 proyek), dan Riau US$ 460 juta (8 proyek). "Lima negara investasi terbesar di Indonesia adalah Mauritius, Singapura, Jepang, Inggris, dan Malaysia," kata Lutfi.

Sebagai pemenang dalam Investment Award untuk kategori penanam modal dalam negeri (PMDN) skala kecil dan menengah PT Sorini Agro Asia Corporindo Tbk. Kategori PMDN skala besar PT Semen Gresik Tbk. PMA skala kecil menengah LG Electronics Indonesia, dan PMA skala besar PT Nissan Motor Indonesia. Sedangkan provinsi yang iklim investasinya baik adalah Sulawesi Utara, Jawa Tengah, dan Kalimantan Selatan.

 

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024