Ekspansi Bisnis

Smart Bidik Sumatera dan Sulawesi

Smart Telecom berencana untuk terus memperluas jaringannya ke luar Pulau Jawa. Tahun depan, beberapa wilayah di Sumatera dan Sulawesi akan menjadi sasaran ekspansi jaringan Smart selanjutnya.
 
Tahun 2009, Charles Sitorus, Chief Sales Officer Smart Telecom mengatakan, Smart Telecom berencana memperluas jaringannya di Lampung dan Makassar.
 
Namun, Charles tidak mau memaparkan seberapa banyak BTS yang Smart miliki saat ini. "Yang jelas jangkauan Smart Telecom akan terus meluas. Saya tak bisa memaparkan data soal infrastruktur jaringan Smart," ujarnya.
 
Hingga akhir tahun ini, kata Charles, agenda Smart Telecom yang belum terselesaikan terkait infrastruktur adalah menyelesaikan ekspansi jaringan di kota Palembang.
 
Di tempat yang sama, Smart juga promosi tarif terbarunya bertajuk "Tarif Baru Smart, Murahnya Beneran". 
 
Pada program tersebut, tarif panggilan yang berlaku untuk pelanggan prabayar dan pascabayar adalah Rp 1 per detik. Sedangkan, untuk panggilan ke operator lain atau PSTN, tarif yang dikenakan adalah Rp 10 per detik.
 
Sementara itu, untuk tarif teks baru yang berlaku adalah Rp 50 per SMS ke semua operator. Sedangkan untuk data akses, baik pengguna prabayar maupun pengguna pascabayar akan dikenakan Rp 0,275 per kilobyte (sudah termasuk PPN).
 
Sayangnya, Charles Sitorus, Chief Sales Officer Smart Telecom, enggan memaparkan besar persentase penurunan tarif dari tarif sebelumnya ke tarif promosi baru.
 
"Itu tidak penting. Sekarang fokus kami adalah kompetisi tarif dengan operator lain. Kami menjamin bahwa tarif baru kami lebih terjangkau sekitar 30 persen," kata Charles.
 
Lebih lanjut, dia mengatakan, tarif Rp 600 per menit merupakan tarif termurah untuk teknologi CDMA berbasis selular.
 
"Tak hanya itu, kami juga memfokuskan pada positioning Smart Telecom di segmen selular berteknologi CDMA," katanya.
 
Peluncuran promosi ini tidak membuat Smart kemudian memasang target pertumbuhan jumlah pelanggan. "Untuk target, saya tak bisa bicara. Yang bisa saya katakan, target segmen kami adalah menggaet pelanggan baru (new user) dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada (existing user), itu saja," ucap Charles.
 
Pun begitu, dia bersedia memaparkan seberapa banyak jumlah pelanggan Smart aktif saat ini. "Berdasarkan data terakhir per semester I 2008, pelanggan aktif Smart berjumlah sekitar 400.000," paparnya.

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"
Bule Amerika yang menganiaya pecalang di Bali ditangkap polisi

Aniaya Pecalang di Bali, Polisi Tangkap Dua Bule Amerika

Polisi menangkap dua turis asing berkewarganegaraan Amerika yang melakukan penganiayaan terhadap pecalang di Bali

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024