JK Minta Pengusaha Mebel Rambah Pasar Baru

VIVAnews - Wakil Presiden Jusuf Kalla meminta pengusaha mebel Indonesia mengantisipasi lesunya pasar ekspor produk mereka, seperti Amerika Serikat. Pengusaha diminta merambah pasar ekspor baru.

"Tidak mungkin dihindari permintaan akan mebel pasti menurun, tapi mebel macam apa? Pertama, tentu mebel mahal. Penurunan kedua, pasti Amerika Serikat," kata Kalla dalam Musyawarah Besar V Asosiasi Pengusaha Mebel Indonesia (Asmindo) di Hotel Sahid, Jakarta, Jumat 12 Desember 2008.

Dari data yang dimilikinya, kata Kalla, ekspor mebel ke Amerika turun 27 persen. Namun pengusaha Indonesia masih bisa bersaing. "Kita punya kesempatan lebih baik dibanding Cina dan negara lain, tapi ini ditentukan kreatifitas dan efisiensi industri," katanya.

Industri mebel, kata Kalla,  menyerap banyak tenaga kerja sehingga bisa menjadi tulang punggung ekonomi nasional. Namun saat ini yang menjadi masalah adalah permintaan, sedangkan suplai tidak ada masalah.

Permintaan Asmindo untuk menjaga pasar dalam negeri, kata Kalla, akan dilakukan pemerintah sepenuh hati dengan bentuk apapun. Tetapi untuk mewujudkannya perlu upaya bersama. "Pengusaha harus menjaga harga dan kualitas. Saya yakin Anda sanggup. Pemerintah mudah untuk tidak membeli furnitur impor, kita akan lakukan," tegas Kalla.

Jika hal itu dilakukan, Kalla yakin industri mebel akan berkembang dan bertahan. "Mengenai pasar, tentu harus cari pasar baru di luar negeri. Saatnya kita menawarkan produk berkualitas dengan harga lebih murah," ujarnya.

Pemerintah tidak akan segan-segan memberi penghargaan untuk pengusaha yang selalu meningkatkan nilai tambah, lapangan kerja dan pendapatan masyarakat yang berujung pada peningkatan pertumbuhan ekonomi.

"Apabila dunia usaha tidak menjalankan fungsi-fungsi ini maka mereka tidak punya manfaat besar. Saya yakin mebel telah mengikuti kriteria-kriteria tertinggi dari fungsi itu, dari batang pohon, eceng gondok bisa jadi satu set furnitur," kata Kalla.

Memilih Mobil Listrik Idaman: Panduan Lengkap untuk Calon Pembeli
Suasana menjelang konser 2024 TVXQ! 20&2 In Jakarta

Konser Hari Ini, Intip Suasana Menjelang Konser TVXQ di Indonesia

Suasana menjelang konser TVXQ di Indonesia yang sangat dipadati oleh banyaknya penggemar.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024