Pembongkaran Lapak Liar di Blok M

"Kami Sudah Menawarkan Kemudahan"

VIVAnews - PD Pasar Jaya mengaku telah memberikan kemudahan bagi para pedagang lapak liar di kawasan Melawai, Blok M. Mereka yang terkena gusur akan direlokasi ke Blok M Square.

"Kami berikan kemudahan. Harga kami turunkan dan cicilan sampai lima tahun," kata Manajer PD Pasar Jaya, Yacob Lajuk, di sela-sela pembongkaran, Sabtu 13 Desember 2008. 

Apapun kondisinya, kata Jacob, pembongkaran ratusan lapak liar di kawasan itu harus dilakukan. Selain keberadaannya yang ilegal, lapak-lapak liar itu juga mengganggu pedagang di dalam pertokoan Melawai.

Haji Sagi, 58 tahun, pedagang emas di pertokoan Melawai mengakui keberadaan pedagang kaki lima itu merugikan pedagang seperti dia. Sebab, lapak-lapak mereka menghalangi akses masuk ke dalam toko. "Konsumen sering tak melihat ada toko di dalam. Padahal kami bayar pajak sampai Rp 24 juta," ujar Sagi.

Sementara Hami, pedagang ikat pinggang di Melawai I mengaku sedih tidak bisa berdagang lagi di tempatnya mencari nafkah sejak 1998 lalu itu. Lokasi baru yang disediakan, Blok M Squre, dianggap terlalu berat ongkos sewanya.

Apes, Karyawan Diler Bikin Ferrari F40 Seharga Rp51 Miliar Ringsek Parah
Pelaku pencurian rumah kosong saat mudik lebaran

Gasak Harta Majikan Saat Mudik Lebaran, Pria di Tangerang Ditangkap Polisi

Pelaku merupakan orang kepercayaan korban. Kejadian diketahui saat korban kembali setelah mudik lebaran.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024