Pengesahan RUU Mahkamah Agung

"Agung Laksono Lelah Pimpin Rapat dari Pagi"

VIVAnews - Ketua Fraksi Partai Golkar, Priyo Budi Santoso, tak melihat ada masalah dalam Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat saat mengesahkan Rancangan Undang-undang Mahkamah Agung pada Kamis malam. Priyo melihat Ketua DPR Agung Laksono kelelahan sehingga ketika melihat mayoritas fraksi setuju pengesahan, langsung ketok palu.

"Kejadian tadi malam itu biasa saja. Dari pandangan umum, kan sudah jelas sikap tiap fraksi. Mungkin karena memimpin rapat dari pagi sampai malam, Pak Agung jadi agak penat dan lelah. Lalu dia juga melihat mayoritas fraksi sudah setuju, jadi ya langsung ketok palu," kata Priyo ditemui di sela-sela Rapat Paripurna di gedung parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat, 19 Desember 2008.

Menurut Priyo, masalah baru muncul jika ada perbedaan yang mencolok dalam proses pengesahan. "Misalnya tiga fraksi melawan enam fraksi," katanya. "Kalau proses semalam dilakukan lobi, tokh endingnya sudah diketahui."

Mengenai ketidakhadiran anggota, Priyo menjelaskan, dalam tata tertib sudah ditentukan anggota yang tidak datang harus ikut setuju terhadap keputusan apapun yang diambil dalam rapat. "Yang penting, sudah kuorum pada saat paripurna dibuka," ujarnya.

Mengenai kelelahan Agung itu, Priyo telah mengusulkan dalam RUU tentang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah agar dalam Rapat Paripurna tidak semua fraksi membacakan pandangan sampai 15 menit. "Itu membuat semua anggota kelelahan," ujarnya.

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel
Pembunuh perempuan open BO di Pulau Pari

Pengakuan Pembunuh Wanita Open BO yang Ditemukan Tewas di Pulau Pari

Pembunuh wanita 'open BO' berinisial R (35) di Pulau Pari, Kepulauan Seribu, mengaku menyesal atas perbuatannya menghabisi nyawa korban. Nico pun mengungkap alasannya teg

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024