Pasar Rakyat Tepian Ciliwung

VIVAnews - Kesadaran dan kepedulian masyarakat kecil terhadap lingkungan hidup dibuktikan oleh warga Bukit Duri dan Kampung Pulo dengan mengelar pesta rakyat "Gerakan Lingkungan Hidup Ciliwung Merdeka".

Kegiatan Pesta rakyat ini berlangsung sejak tanggal 19-21 Desember 2008. Kegiatan ini sendiri dilakukan dalam rangka memberikan ruang serta kesempatan untuk berekspresi, berapresiasi bagi warga miskin urban dalam menata lingkungannya dan melaksanakan usahanya guna memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

Acara dimeriahkan oleh warga sekitar dengan mendirikan beberapa Stan baju, makanan, kesehatan, dan pameran foto lingkungan hidup. Bukan hanya itu, dalam pesta rakyat itu juga dimeriahkan dengan pemutaran film, pentas tari dan teater.

Nurianah (19), warga bukit duri I, Jakarta Selatan, menyambut positif penyelenggraan pesta rakyat ini. "Saya merasa senang dengan adanya acara ini, karena warga bisa lebih peka untuk menjaga lingkungannya," katanya ibu satu anak itu.

Meskipun acara ini, kali pertama digelar diharapkan nantinya warga bukit duri dan kampung pulo yang kebanyak tinggal di pinggiran kali ciliwung akan lebih sadar untuk menjaga lingkungannya. "Ya kita juga semakin sadar untuk tidak buang sampah ke kali. Biar kami warga miskin bukan berarti kita tidak peduli kepada lingkungan," ujar Nurianah.

"Warga di sini juga diberikan penyuluhan dan pemberdayaan cara pengolahan sampah," imbuhnya.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, beberapa stan baju dan kesehatan nampak ramai dikunjungi warga. Tak kalah ramai juga untuk stan pameran foto-foto yang dipenuhi remaja dan ibu-ibu.

Sekitar 15 stan dan satu buah panggung utama lengkap dengan dekorasi betawi tempo dulu hadir di sepanjang jalan bukit duri I, Jakarta Selatan.

Jadi bagi anda yang belum punya rencana acara di weekend ini, tidak usah bingung, langsung saja datang ke pesta rakyat "Gerakan Lingkungan Hidup Ciliwung Merdeka".

Puncak Arus Balik, 6.500 Pemudik Diperkirakan Tiba di Terminal Kalideres
Booth Toyota di IIMS 2024

Penjualan Mobil Maret 2024 Tembus 74.724 Unit di Indonesia, Ini Mobil Paling Laku

Data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil wholesales di Indonesia mencapai 74.724 unit.  Daihatsu Sigra jadi terlaris.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024