Walhi Minta Kepala Polda Riau Dicopot

VIVAnews -- Sikap Polda Riau yang menghentikan penyidikan 13 dari 14 kasus illegal logging di Riau mendapat protes keras dari Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi Riau. Aktivis ini minta Kepala Polda Riau Brigadir Jenderal Hadiatmoko dicopot.
 
Protes keras ini disampaikan Direktur Walhi Riau Johny S Mundung. Menurut Johny, selama ini 14 perusahaan itu melanggar ketentuan tentang lingkungan hidup.
 
“Kami kecewa sekali atas keputusan itu.  Itu mengada-ada. Keputusannya hanya menguntungkan perusahaan saja,” kata Johny saat dihubungi VIVAnews, Senin 22 Desember 2008 di Pekanbaru.
 
Johny menilai penegak hukum di Riau terlalu lemah dalam menegakkan undang-undang lingkungan hidup. Kepolisian dan kejaksaan dinilai tak peka terhadap kerusakan lingkungan hidup.

Ending Bentrok TNI AL dan Brimob di Sorong, Israel Rugi Rp 16,3 T Tahan Serangan Iran

“Memang perusahaan itu memiliki izin yang dikeluarkan instansi terkait," katanya "Yang menjadi masalah di sini adalah, proses izin itu sendiri menyalahi aturan.

Sebab, kata Johny, Pemerintah memberikan konsesi lahan di atas hutan alam bergambut di atas tiga meter. ":Ini mengkangkangi aturan pemerintah sendiri."

Arab Saudi Akui Bantu Cegat Serangan Rudal Iran ke Israel, Ternyata Ini Alasannya

Bukti kuat lainnya soal kerusakan lingkungan hidup, kata Johny, bisa dilihat dari kondisi banjir yang saban tahun terjadi di Riau.  “Jadi kami bingung, kalau polisi mengklaim tidak ada kerusahakan lingkungan di Riau ini," katanya.

Laporan: Hafiz Hasian -- Riau

Terpopuler: Potret Paula Verhoeven Berhijab Anggun, hingga Serunya Main Salju di Jungleland
Pose Nikita Mirzani bersama Rizky Irmansyah

Terpopuler: Nikita Mirzani Putus dengan Rizky Irmansyah, Natasha Rizky Ungkap Kehidupan Usai Cerai

Berikut deretan 5 rangkuman artikel terpopuler kanal Showbiz VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Senin 15 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024