Rencana 2009

PLN Anggarkan Belanja Modal Rp 46 Triliun

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara menganggarkan belanja modal tahun ini sebesar Rp 46 triliun.

Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar mengatakan dari total anggaran tersebut, sebanyak Rp 30 triliun dialokasikan untuk melanjutkan pembangunan pembangkit listrik, termasuk program 10 ribu Megawatt (MW), sedangkan Rp 10 triliun untuk pembangunan transmisi dan Rp 6 triliun untuk distribusi.

Sedangkan biaya yang dikeluarkan untuk Bahan Bakar Minyak (BBM) pada 2009 diperkirakan dapat ditekan Rp 24 - 30 triliun mengingat ketergantungan pembangkit PLN terhadap BBM diperkirakan akan menurun hingga 25 persen.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

"Namun itu tergantung harga minyak mentah dunia," ujarnya di sela acara kunjungan PLTGU Tanjung Priok, Jakarta, Rabu malam (31/12).

Sepanjang 2008, konsumsi BBM Pertamina sekitar 34 persen dari total keseluruhan penggunaan bahan bakar, yaitu 11 juta KL. Sedangkan, pada tahun ini diperkirakan pemakaian BBM hanya 8 juta KL sehingga ada peghematan 3 KL.

"Sebab, program diversifikasi energi berhasil signifikan" katanya.

Fahmi berharap jika pada akhirnya nanti, pemerintah memutuskan untuk mengurangi lagi subsidi listrik 2009, pihaknya berharap PLN diberi margin yang sewajarnya.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

"Kalau bisa lebih dari 1 persen agar kami terus berinvestasi di sektor kelistrikan," papar dia.



Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024