Depnakertrans Dapat Dana Tambahan Rp 369 M

VIVAnews - Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi mendapatkan tambahan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebesar Rp 369 miliar.

Dari tambahan tersebut, total Rencana Alokasi Pagu Perubahan tahun 2009 menjadi sebesar Rp 3,227 triliun karena pagu indikatif yang didapatkan sebesar Rp 2,828 triliun.

Tambahan anggaran tersebut akan dialokasikan untuk Direktorat Jenderal Binalattas sebesar Rp 109 miliar, Direktorat Jenderal Binapenta sebesar Rp 230 miliar, dan Badan Penelitian dan Informasi sebesar Rp 30 miliar. "Tambahan anggaran dialokasikan ke tiga direktorat jenderal karena beberapa alasan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno dalam jumpa pers di kantornya, Selasa 6 Januari 2009.

Pertama, lanjut dia, alokasi dana untuk Direktorat Jenderal Binalattas karena pemerintah ingin menggalakkan pelatihan kepada pencari kerja melalui balai lembaga kerja (BLK) yang sudah direvitalisasi. "Sehingga kompetensi pencari kerja bisa link and match dengan kebutuhan pasar kerja," ujarnya. Ditargetkan akan ada 40 ribu orang yang akan mendapatkan pelatihan.

Kedua, alokasi pada Direktorat Jenderal Binapenta untuk memberikan subsidi program dengan kredit usaha bergulir melalui sistem grameen bank. "Setelah dilatih, kemungkinannya ada dua bagi pencari kerja yaitu bekerja sebagai pegawai dan memulai usaha," kata
Erman.

Pemerintah menargetkan tahun ini akan menempatkan 2,6 juta orang baik di dalam negeri maupun luar negeri. Melalui direktorat jenderal ini, akan ditempatkan 110 ribu orang untuk program padat karya produktif dengan alokasi anggaran sebesar Rp 220 miliar dan bursa kerja online sebesar Rp 10 miliar.

Ketiga, melalui Badan Penelitian dan Informasi, pemerintah bakal mengembangkan sistem informasi online melalui pembangunan chanelling SISKO TKLN sebesar Rp 10 miliar, pengembangan SIM TKI sebesar Rp 15 miliar, dan penelitian dan informasi Nakertrans sebesar Rp 5 miliar.

Arti dan Peran Amicus Curiae yang Diajukan Megawati dan Habib Rizieq ke MK
Nikita Mirzani

Nikita Mirzani Ngaku Dapet Kekerasan dari Rizky Irmansyah, Lita Gading: Lapor Jangan Koar-koar

Kabar kandasnya hubungan asmara Nikita Mirzani dengan Rizky Irmansyah masih jadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita Mirzani yang beberapa tahun belakangan ini diam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024