Banjir di NTB Kerugian Miliaran Rupiah

VIVAnews - Kerugian akibat banjir yang terjadi di tiga Kabupaten dan Kota Mataram di NTB mencapai miliyaran rupiah. Kerugian itu diakibatkan rusaknya sejumlah fasilitas umum baik jalan, jembatan, pipa PDAM, saluran listrik dan telekomunikasi. Bahkan kerugian juga dialami oleh penduduk yang rumahnya rusak.

Gubernur NTB Muhammad Zainul Majdi mengatakan hingga saat ini pihaknya belum dapat memastikan berapa kerugian material yang terjadi akibat peristiwa banjir yang terjadi pada Sabtu 10 Januari 2008 lalu. Pemerintah masih menghitung jumlah kerugian tersebut untuk selanjutnya segera diperbaiki.

"Saya kira yang cukup parah yang perlu segera ditangani adalah pasilitas umum terutama jembatan dan tanggul yang jebol akibat air, sementara rumah-rumah warga yang rusak akan kami tangani bersama kabupaten dan kota setempat," katanya kepada wartawan di Mataram pada Senin 12 Januari 2009.

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana susulan, hari ini Gubernur dan seluruh muspida NTB menggelar rapat koordinasi penanggulangan bencana. Dalam rapat tersebut Zainul Majdi meminta seluruh pihak untuk dapat bergerak cepat dalam menangani korban bencana. Bahkan secara khusus Gubernur juga meminta Kapolda NTB melakukan pengamanan pasca bencana guna memberi rasa aman terhadap masyarakat korban bencana.

Kabupaten Lombok Utara dan Kabupaten Sumbawa Barat dilaporkan sebagai daerah yang mengalami kerusakan fasilitas cukup parah. Di Kabupaten Lombok Utara, lima jembatan dan jalan hancur diterjang air bah sehingga mengakibatkan kerugian sekitar 13,7 miliar rupiah.

Angka tersebut dilaporkan langsung oleh pejabat sementara Bupati Lombok Utara Lalu Bakri. Bahkan diperkirakan area pertanian seluas 941 hektar tidak berfungsi dan diperkirakan akan mengalami gagal panen.

"Semua kondisi itu sudah saya lihat langsung saat berkunjung kesejumlah titik bencana, maka itu saya minta bantuan yang sudah ada segera disalurkan ke masyarakat dan jangan ada penyaluran yang terputus," tegas Zainul Majdi.

Laporan: Edy Gustan | Mataram

Heru Budi Kunker ke Jepang, Harap Proyek MRT East-West Groundbreaking Agustus
Ivan Gunawan

Resmikan Masjidnya di Uganda, Ivan Gunawan Potong Sapi hingga Bagi-bagi Hijab, THR dan Alquran

Bahkan, membahagiakannya lagi Ivan Gunawan langsung datang melihat masjid yang ia dirikan di Uganda, Afrika Timur didampingi Ritassya Wellgreat, Miss Grand Indonesia 2023

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024