Logistik Pemilu 2009

Perpres Akan 'Diganti' Surat Keputusan KPU

VIVAnews - Komisi Pemilihan Umum kemungkinan besar mencabut kembali usulan peraturan presiden tentang penunjukan langsung logistik Pemilu. KPU-KPU provinsi ternyata siap menjalankan pengadaan logistik sesuai aturan Keputusan Presiden No 80 Tahun 2003 tentang Pengadaan Barang dan Jasa di Lingkungan Pemerintahan.

"Setelah melihat perkembangan, ternyata teman-teman daerah siap melaksanakan tender sesuai proses Keppres," kata anggota KPU, Abdul Aziz, usai rapat kerja KPU dengan 33 KPU provinsi di kantor Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin, 12 Januari 2009.

Untuk mengatasi hambatan pengadaan, KPU akan menerbitkan surat keputusan yang menetapkan hari kerja enam hari dalam seminggu. Penambahan hari kerja ini menyiasati aturan Keppres 80 yang mengatur pelaksanaan lelang paling cepat dilakukan dalam 18 hari kerja. "Jadi dalam pertemuan tadi, disepakati hari Sabtu sebagai hari kerja," ujar Aziz.

Surat keputusan itu nanti akan mengatur enam hari kerja seminggu selama pelaksanaan Pemilu sampai beberapa bulan setelah pemungutan suara. "Pengaturan itu cukup dengan surat keputusan KPU," kata Aziz. Keputusan menganulir usulan Perpres secara resmi akan diputuskan KPU pada rapat besok.

Mengenai pengadaan logistik, dalam pertemuan yang akan dilanjutkan lagi Selasa, 13 Januari, itu diketahui bahwa sudah ada 15 provinsi yang telah memulai proses tender. Beberapa provinsi lain siap melaksanakan mulai Rabu, 14 Januari. "Kalau besok atau lusa dimulai, itu memungkinan untuk pengadaan akan lancar," ujar Aziz.

Berbeda dengan Pemilu 2004, Pemilu kali ini juga membebani KPU provinsi untuk melakukan pengadaan beberapa logistik Pemilu seperti kotak suara dan bilik suara. Sementara pengadaan surat suara tetap terpusat dan pada 17 Januari nanti akan diketahui siapa pemenang tendernya.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024