BI: Ada Ruang Penurunan BI Rate Februari


VIVAnews - Bank Indonesia memperkirakan suku bunga acuan atau BI Rate masih berpeluang untuk turun kembali pada Februari mendatang.

"Masih ada ruang untuk penurunan (BI Rate)," ujar Deputi Gubernur BI, Budi Mulia di Jakarta, Jumat, 30 Januari 2009.

Namun, kebijakan soal suku bunga akan ditentukan dalam rapat dewan gubernur BI yang diselenggarakan setiap awal bulan.

Pada awal Januari ini, BI telah menurunkan suku bunga 0,5 persen menjadi 8,75 persen untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi.

Berbagai kalangan memperkirakan BI akan menurunkan suku bunga lagi awal bulan depan. Apalagi Januari ini Badan Pusat Statistik sudah memastikan bakal terjadi deflasi. Gubernur BI Boediono pun memperkirakan target inflasi tahun ini akan di kisaran 5 persen atau lebih rendah dari target semula.

Menurut Budi, dalam menentukan suku bunga, BI melihat proyeksi dan pencapaian inflasi, ekspektasi masyarakat dan prediksi inflasi jangka penjang.

Dia menilai kebijakan The Federal Reserve yang mempertahankan suku bunga juga akan berdampak positif bagi Indonesia. "Tapi, itu memang tidak segera."

Terpopuler: Klaim Israel soal Iran Disebut Halu, Ribuan Pendukung Prabowo Siap Jadi Amicus Curiae
Ilustrasi Zodiak

Ramalan Zodiak Jum’at 19 April 2024, Sagitarius: Teman dekat Mungkin Mengkhianatimu

Ramalan zodiak Jum’at, 19 April 2024. Sagitarius, waspadalah terhadap kemungkinan pengkhianatan dari seorang teman dekat. Jangan ragu mengejar peluang bisnis baru Pisces.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024