Sektor Industri di Jepang Merosot Tajam

VIVAnews - Sektor industri Jepang mengalami kemerosotan paling curam dalam kurun lima puluh tahun terakhir. Data ekonomi bulan Desember 2008 menunjukkan berbagai perusahaan mengurangi produksi, tingkat pengangguran meningkat, dan pengeluaran konsumen menurun tajam.

Produksi industri di Jepang anjlok 9,6 persen di bulan November 2008 - penurunan terbesar sejak 1953, kata pemerintah Jepang, Jumat 30 Januari 2009. Hasil survei memprediksi pada bulan ini produksi industri akan turun lebih jauh sebanyak 9,1 persen, dan 4,7 persen pada bulan Februari.

Sementara itu, tingkat pengangguran di Jepang naik menjadi 4,4 persen dari 3,9 persen pada bulan November. Angka ini adalah peningkatan tertinggi dalam hampir 42 tahun terakhir, kata Kementrian Dalam Negeri.

Pakai Uang Palsu Beli Narkoba dan Punya Senpi Rakitan, Pecatan TNI AL di Lampung Ditangkap

Pemerintah mengatakan jumlah pengangguran di bulan Desember mencapai angka 2,70 juta, meningkat sebanyak 390 ribu orang dari tahun lalu. Namun jumlah ini akan terus meningkat jika perusahaan terus mengurangi pekerja kontrak atau memecat pegawai tetap.

Pengeluaran rumah tangga merosot lebih buruk dari yang diperkirakan, yaitu sebanyak 4,6 persen di bulan Desember, turun dalam sepuluh bulan berturut-turut.

Kemerosotan ekonomi berdampak buruk pada perusahaan-perusahaan terkemuka, Sony Corp. dan Toyota Motor Corp., yang sangat bergantung pada penjualan di luar Jepang.

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Nilai mata uang yen terus melonjak dalam beberapa bulan lalu, sehingga mengurangi penerimaan perusahaan.

Data buruk telah mengubah wajah resesi, kata Kyohei Morita, ekonom Barclays Capital di Tokyo. Kini bukan hanya perusahaan yang kena imbas resesi, tetapi juga kalangan pekerja dan rumah tangga.

Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan perekonomian Jepang tahun lalu berkontraksi 0.3 persen. Rabu lalu, IMF menurunkan estimasi pertumbuhan ekonomi Jepang tahun 2009 menjadi minus 2,6 persen. (AP)

Kemenag Gelar Peringatan Nuzulul Qur'an Nasional Tahun 2024

Peringatan Nuzulul Qur'an Tingkat Nasional, Kemenag: Spirit Bawa Indonesia Menjaga Keragaman

Peringatan Nuzulul Qur'an tingkat nasional, digelar oleh Kementerian Agama atau Kemenag. Pada tahun 2024 ini, digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, pada Rabu kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024