Ponsel Pintar

BlackBerry Siap Gantikan Telepon Meja

VIVAnews - Research In Motion berhasil mendapatkan perhatian pengguna segmen enterprise karena kemampuan email nirkabelnya yang sangat baik. Tetapi produsen asal Canada itu juga berpendapat bahwa mereka bisa mengubah handsetnya menjadi sebuah alat pengganti telepon meja dengan menambahkan fitur khusus, yakni Mobile Voice System (MVS).

“Idenya sangat sederhana, tetapi ternyata banyak kemampuan menarik yang bisa dihasilkan,” kata David Heit, Director of Product Management dari RIM seperti VIVAnews kutip dari Information Week, 9 Februari 2009. “Dari sudut pandang produktivitas, kami kini bisa dijangkau di mana saja. Saya bisa menjawab panggilan telepon kantor dari puncak menara Eiffel,” ucapnya.

MVS merupakan server yang ditempatkan di belakang firewall dan berhubungan ke jaringan PBX perusahaan. RIM menyatakan bahwa MVS memungkinkan perusahaan memberikan pada smartphone fungsionalitas sama seperti layaknya telepon meja.

Dengan digunakan sistem MVS, sebuah panggilan bisa dilakukan dari handset BlackBerry menggunakan jaringan data nirkabel untuk masuk ke BlackBerry Enterprise Server (BES) yang memiliki fasilitas keamanan, lalu dilanjutkan ke server MVS. Selanjutnya, tersambung ke PBX lewat sinyal SIP, atau media gateway. Kemudian panggilan diarahkan dari sana. 

Salah satu kelebihannya adalah bahwa pekerja mobile bisa memutar ekstensi kantor dan terhubung dari jarak jauh, dan juga menerima panggilan layaknya sedang berada di kantor lewat handset BlackBerry yang dibawanya.

Menurut RIM, menggunakan metode panggilan seperti itu bisa menimbulkan penghematan biaya operasional perusahaan. Khususnya perusahaan yang memiliki kantor cabang di lokasi geografis yang berjauhan. 

Layanan MVS juga memungkinkan pengguna tetap memisahkan panggilan pribadi mereka, jadi pengguna tidak perlu memberikan nomor pribadi mereka untuk dihubungi oleh kontak bisnisnya. Layanan itu juga memungkinkan pengguna mengubah opsi fungsi BlackBerry-nya dari sebagai telepon meja, ke telepon seluler biasa.

MVS server dan layanannya tersedia bagi pelanggan BES seharga 8 ribu dolar AS untuk hardware dan instalasinya. RIM tidak mengenakan biaya tambahan per user untuk layanan tersebut.

Penjelasan BI soal Layanan Alipay Mau Masuk Indonesia
Vidi Aldiano

Ternyata Vidi Aldiano Suka Berburu Free Ongkir dan Selalu Menang War Produk

Selebriti Vidi Aldiano mengaku suka belanja online dan berburu gratis ongkos kirim. Hal ini ia terapkan demi menghemat pengeluaran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024