Transaksi Derivatif Danamon

BI: Rekening Syariah Dipindah ke Konvensional

VIVAnews - Bank Indonesia mengungkapkan bahwa Bank Danamon telah memindahkan rekening nasabah syariah ke rekening konvensional. Perpindahan ini dilakukan menyusul terbongkarnya kasus nasabah syariah tersandung produk derivatif Danamon.

"Rekening sudah dipindahkan atas permintaan bank konvensional itu sendiri," ujar Direktur Perbankan Syariah Bank Indonesia, Ramzi A Zuhdi di Jakarta, Jumat, 13 Januari 2009.

Saat itu dia ditanya dengan kasus nasabah Bank Danamon unit syariah yang terjebak produk derivatif perbankan. Produk ini dianggap bersifat spekulatif sehingga dianggap bertentangan dengan prinsip-prinsip bisnis syariah. Nasabah pun protes atas tindakan Danamon tersebut.

Menurut Zuhdi, produk yang dipindahkan ke bank konvensional adalah bukan tergolong produk syariah. Sedangkan, untuk produk syariah ya tidak perlu dipindahkan. "Biarkan tetap di syariah saja."

"Tapi kasus itu kan ada?" tanya wartawan.

Zuhdi menjawab, "Ya itu namanya mungkin produk konvensionalnya agak.... Itu semacam ngomong "keseleo" gitu."

Karena itu, setelah bank tersebut sadar, mereka cepat-cepat memindahkan ke bank konvensional. "Ya mungkin mereka tidak enak saja, rekening syariah kok dipakai untuk produk yang dilarang."

Bule Jerman Serang Penjaga Vila di Bali Usai Ditagih Nunggak Sewa 4 Bulan
Denny Cagur

Lolos Jadi Anggota DPR, Denny Cagur Ungkap Kenangan Haru dengan Almarhumah Ibu

Denny Cagur mengungkap bahwa satu tahun sebelum meninggal, sang ibunda memberi kado ulang tahun tak biasa kepada dirinya.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024