2009, Realisasi Investasi Asing Turun 20%

VIVAnews - Badan Koordinasi Penanaman Modal memperkirakan laju pertumbuhan realisasi investasi asing (PMA) pada 2009 akan turun 20 persen dari tahun sebelumnya.

Tarisland Superstars: Kemegahan dan Antisipasi di Puncaknya

"Tahun lalu, PMA sempat tumbuh lebih dari 40 persen," kata Kepala BKPM M Lutfi di kantornya, Selasa, 24 Februari 2009.

Namun, kata Lutfi, realisasi investasi itu merupakan perhitungan jadi setelah komitmen investasi tiga atau empat tahun yang lalu. "Jadi, perhitungan BKPM, prosentase tumbuh dihitung dari misalnya investasi hotel berarti sudah dibangun hotelnya atau investasi pabrik berarti sudah siap produksi," ujarnya.

Sehingga, dia menambahkan, penghitungan pertumbuhan investasi bukan berdasarkan izin investasi yang sudah dikeluarkan BKPM atau tren investasi.

"Kalau investasi yang baru dapat izin tahun ini, kemungkinan akan dihitung tiga hingga tujuh tahun lagi," katanya.

Lutfi memperkirakan, pertumbuhan realisasi investasi dalam negeri (PMDN) akan lebih tinggi dibandingkan realisasi investasi PMA atau lebih dari 20 persen.

Sementara itu, kata dia, revisi Daftar Negatif Investasi (DNI) yang terkait dengan perjanjian Asean Framework Agreement on Services (AFAS) akan diselesaikan malam ini di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian. "Akan direvisi, terutama terkait dengan rule of the game," tutur Lutfi.

Ammar Zoni

Sedang Tersandung Kasus Penyalahgunaan Narkoba, Ammar Zoni Ungkap Doa untuk Anak dan Kelurga

Ammar Zoni memahami bahwa bulan Ramadhan adalah saat yang istimewa. Ammar mengaku akan semakin mendekatkan diri kepada Tuhan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024