Banjir di Lamongan

Ribuan Warga Masih Mengungsi

VIVAnews - Banjir yang merendam di sebagian kabupaten Lamongan saat ini masih menyisahkan pengungsi sebanyak 2.112 jiwa atau 528 KK, yang berasal dari tiga kecamatan (Laren, Karang Binangun dan Glagah).  Di sini ketinggian air sudah mulai surut namun genangan masih terjadi di area persawahan.  

Banjir akibat meluapnya sungai Bengawan Solo telah merendam lima kabupaten di Jawa Timur, yaakni Kabupaten Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Lamongan dan Gresik.

Pusdalops BNPB melaporkan dampak banjir tersebut hingga hari ini terdata 8 orang meninggal dan 178.900 jiwa menderita. Selain menimbulkan korban jiwa, banjir juga mengakibatkan 16 unit rumah rusak berat, 36 rumah rusak ringan, 49.849 rumah terendam, ratusan fasilitas umum ikut terendam, serta ribuan hektar lahan pertanian dan tambak gagal panen.

Bencana ini disebabkan karena tingginya intensitas curah hujan di hulu dan hilir Sungai Bengawan Solo, terbatasnya daya tampung sungai akibat banyaknya sedimen dan penyempitan badan sungai, terjadinya penurunan tanggul di beberapa tempat serta putusnya tanggul akibat tidak kuat menahan arus sungai.

Hari Kamis 5 Maret 2009 debit air sungai Bengawan Solo sejak pukul 14.00 WIB mengalami kenaikan sehingga diberlakukan kembali status SIAGA 2.

Satlak PB setempat masih menyiagakan seluruh sumberdaya dan peralatan, tenda pengungsian masih didirkan, dan bersama masyarakat serta dibantu TNI dilakukan kerja bakti pembersihan lumpur-lumpur sisa banjir.

Viral Video Perundungan di Bulukumba, Remaja Dikeroyok Empat Temannya
Taspen.

Tanpa Potongan Taspen, THR Pensiunan ASN Mulai Cair 24 Maret 2022

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) mengumumkan bakal mulai menyalurkan Tunjangan Hari Raya (THR) untuk pensiunan ASN dalam waktu dekat.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024