Jelang Pemilu AS

Mereka yang Menjadi Andalan McCain

VIVAnews – Kandidat Presiden AS dari Partai Republik John McCain merupakan politisi yang sudah kenyang makan asam garam dunia politik. Kiprahnya selama 26 tahun di parlemen, cukup menjadi bukti panjangnya perjalanan McCain.

Bocah 7 Tahun Ditemukan Tewas di Tempat Penyimpanan Dupa, Diduga Dibunuh Tantenya

Meskipun begitu bukan berarti pertarungannya menuju kursi Presiden AS menjadi lebih mudah. Maka, tim kampanye McCain diperkuat oleh enam orang ahli yang berperan di bidang masing-masing.

Inilah nama-nama penting dan terdekat dalam kampanye John McCain.

Sekjen PKS Bakal Sambangi Markas Nasdem Sore Ini, Mau Apa?

Charlie Black – Pengatur Strategi Senior 

Charlie Black adalah pengatur strategi senior yang pernah menjadi penasihat Presiden Ronald Reagan dan George.W Bush. Black menjadi pilar Partai Republik di Washington dengan lobi-lobinya melalui BKSH Associates.

Abu Ubaida Bongkar Fakta Kegagalan Israel di Hari ke-200 Pembantaian Gaza

Black juga terlibat dekat dalam kampanye nasional George W.Bush, dan kampanye McCain sejak awal pencalonan hingga menjadi kandidat resmi. Black sangat menguasai peta di Washington dan memastikan urusan McCain ditangani dengan baik oleh “orang-orang Washington”.

Rick Davis - Manajer Kampanye

Davis memegang peranan kedua sebagai orang paling penting di kampanye McCain, selama perubahan yang drastis musim panas lalu. Dia jago lobi di Washington dan mempunyai relasi dekat dengan para pendonor Partai Republik.  David mengetahui apa yang akan dia hadapi sejak dia mengelola kampanye McCain untuk menjadi Presiden tahun 2000.

Internal tim kampanye McCain memuji David karena keberhasilannya mendapatkan dana pinjaman US$ 3 juta daripada McCain mengambil pendanaan publik. David yang dekat dengan istri McCain, Cindy, juga membiarkan McCain menjadi dirinya sendiri.

Lindsey Graham – Senator South Carolina

Senator South Carolina yang menjadi sekutu paling setia McCain diantara para pejabat-pejabat tinggi yang terpilih dalam 8 tahun terakhir ini. Tahun 2000 Graham, menjadi anggota Kongres dan mendukung McCain sejak awal. Terpilih menjadi anggota senat tahun 2002, Graham kembali dekat dengan McCain sejak Senator Arizona itu memutuskan untuk ikut pencalonan Presiden lagi.

Graham berhak mendapatkan pujian untuk upayanya menolong McCain melalui masa-masa kritis di pemilihan awal di Palmetto State. Dia bukan hanya seorang pengatur strategi di negara bagian untuk kampanye.Graham adalah seorang politisi yang langka, yang jago membandingkan serta memahami kebijakan dan politik. Sehingga Graham selalu terlibat dalam urusan keseharian kampanye McCain.

Mark Salter - Penasihat Senior

Salter bisa disebut orang di lingkaran dalam yang terdekat dengan McCain secara pribadi. Salter adalah kepala staf McCain dan penulis pendamping untuk buku-buku McCain, termasuk Faith of Our Fathers, buku mengenai karir kemiliteran McCain.

Salter juga dihormati sebagai alter egonya McCain, dan satu-satunya orang yang mengenal McCain sebaik McCain mengenal dirinya sendiri.

Tugas Salter saat ini adalah menulis naskah pidato McCain dan menyuarakan pendapat McCain.

Cindy Lou Hensley McCain – Istri dan Orang Kepercayaan

Cindy Lou Hensley McCain adalah Direktur Hensley & Co, perusahaan yang didirikan ayahnya James Hensley. Ibu dari 3 anak ini memegang peranan penting di balik layar kampanye McCain.

Cindy lahir di Phoenix Arizona 20 Mei 1954 dari keluarga pengusaha. Ayahnya berperan banyak dalam masa-masa kampanye McCain menjadi Senator Arizona.

Cindy dikenal sebagai seorang filantropi yang mendirikan dan mengelola lembaga non profit American Voluntary Medical Team dari tahun 1988 hingga 1995. Saat ini masih aktif di beberapa lembaga filantropi. Steve Schmidt Penasihat Senior :

Steve Schmidt – Penasihat Senior

Schmidt, adalah sosok yang sangat berpengaruh dalam pengaturan strategi yang berhasil menggolkan Bush kembali ke kursi Presiden AS tahun 2004. Peran Schmidt semakin besar dalam kampanye McCain musim panas hingga musim gugur ini.

Dukungan untuk McCain dari Gubernur California Arnold Schwarzenegger adalah atas upaya Schmidt.  Tak heran karena selama masa kampanye tahun 2006,  Schmid bertindak sebagai sebagai manajer kampanye untuk Arnold Schwarzenegger dalam jabatan kedua sebagai Gubernur California.

Dalam tim kampanye McCain, Schmidt bertanggung jawab untuk operasional kampanye sehari-hari.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya