Gol JT Selamatkan Chelsea

VIVAnews – Laga Chelsea kontra AS Roma pada matchday 3 Liga Champions Grup A, Kamis, 23 Oktober 2008 dini hari WIB nyaris berakhir kacamata. Sampai John “JT” Terry mengubah hasil akhir pertandingan.

Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah di Stamford Bridge akhirnya menyudahi perlawanan Roma 1-0. The Blues mengamankan poin penting untuk terus menjaga ambisi menguasai Eropa seperti dicetuskan bos Roman Abramovich.

Sejak awal babak pertama, kedua tim serentak turun bertahan ketika kehilangan bola. Mereka tampil berhati-hati dan lebih banyak bergulat di lapangan tengah.

Di menit 8 babak pertama, tendangan Frank Lampard mengagetkan tim tamu. Beruntung, kiper Cristiano Doni bisa menghalau lewat aksi terbang menangkap bola yang menuju kiri gawangnya.

Belum sampai semenit, Francesco Totti membalas aksi Lampard dengan melepaskan tendangan ke arah jala Peter Cech. Bola meluncur deras, namun masih melebar ke kiri gawang.

Kesempatan terbesar Chelsea terjadi di menit 23 ketika Phillipe Mexes melakukan pelanggaran pada John Obi Mikel. Lampard yang mengambil hadiah bola mati langsung melepaskan tendangan keras yang membentur tiang gawang.

Roma membalas di menit 34 lewat kerja keras Totti. Sayangnya, sudah mati-matian berusaha mendapatkan bola,  Mateo Brighi gagal melakukan finishing. Terlihat gelandang Roma itu belum siap menerima umpan Totti hingga terlihat asal saja melepaskan tembakan.

Permainan baru ‘panas’ di lima menit terakhir. Menit 41, kemelut yang terjadi di luar kotak penalti Chelsea sempat membuat pelatih Luis Felipe Scolari berang. Big Phil merasa The Blues harusnya mendapat tendangan bebas karena pelanggaran yang dilakukan kepada Deco. Namun, wasit Kyros Vassaras mengacuhkan dan terus menjalankan pertandingan.

Hingga turun minum hasil 0-0 tak berubah, malah ketegangan yang terlihat antara Terry dan Totti tertangkap kamera. Mereka saling dorong jelang masuk ruang ganti. 

Babak kedua, Big Phil merubah formasi menjadi 4-3-1-2 dengan masuknya Juliano Belleti menggantikan Florent Malouda. Roma juga merubah taktiknya untuk lebih bertahan. Terlihat Totti cs hanya menunggu saja datangnya bola dan lebih mengandalkan counter attack.

Suatu taktik yang akhirnya makin membuka kesempatan The Blues menghajar pertahanan Roma. Dan benar saja, pada menit 77 sepak pojok Lampard bisa dimanfaatkan Terry dengan sundulan untuk akhirnya merobek jala Doni. Meski terlihat kesakitan ketika merayakan gol, namun JT bisa bertahan hingga akhir pertandingan.

Spalletti langsung memutar otak dengan memasukkan Max Tonetto, Simone Perotta dan Jeremy Menez di menit-menit akhir. Namun, masuknya tiga pemain di atas tak membantu pelatih plontos itu meraih angka.

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Hingga peluit panjang ditiup wasit, Chelsea tetap unggul 1-0. The Blues sekaligus memperpanjang rekor buruk Roma ketika bertandang ke Inggris.

Chelsea juga makin perkasa di puncak klasemen dengan poin tujuh, sedangkan Roma terpuruk di peringkat 3 dengan poin tiga.

Formasi awal
Chelsea: 
Petr Cech; Jose Bosingwa, Ricardo Carvalho, John Terry, Wayne Bridge; Deco, John Obi Mikel, Frank Lampard; Salomon Kalou, Nicolas Anelka, Florent Malouda.

AS Roma: Doni; Cicinho, Christian Panucci, Philippe Mexes, John Arne Riise; Daniele De Rossi, Alberto Aquilani, Matteo Brighi; Rodrigo Taddei, Francesco Totti, Mirko Vucinic.

Bordeaux vs Cluj

Persaingan di Grup A bertambah panas karena di saat bersamaan Bordeaux yang menjamu CFR Cluj unggul tipis 1-0 di Chaban-Delmas Stadium. Bertindak sebagai tuan rumah jadi keuntungan tersendiri buat Bordeaux yang gagal menuai satu poin pun dalam dua matchday sebelumnya.

Bordeaux unggul lewat gol bunuh diri defender tim tamu, Cadu, di menit 56.

Sebaliknya, Cluj malah terlihat anti klimaks dengan kekalahan ini. Padahal, pada matchday 1 klub debutan itu secara mengejutkan unggul atas Roma 2-1 di Olimpico.

Hasil ini memang tidak merubah kedudukan klasemen sementara. Cluj tetap di tempat 2 sedangkan Bordeaux sebagai juru kunci.

Namun, raihan poin tiga makin membuka kesempatan Bordeaux menyalip AS Roma di posisi 3 atau bahkan lolos ke fase knock  out.

Formasi awal
Girondins Bordeaux:
Ulrich Rame; Matthieu Chalme, Marc Planus, Souleymane Diawara, Franck Jurietti; Fernando, Alou Diarra; Gabriel Obertan, Yoann Gourcuff, David Bellion; Marouane Chamakh.

CFR Cluj: Eduard Stancioiu; Tony, Cadu, De Sousa, Alvaro Pereira; Sixto Peralta, Gabriel Muresan; Sebastian Dubarbier, Eugen Trica, Juan Culio; Yssouf Kone.

Pertemuan Prabowo Subianto dengan Muhaimin Iskandar Usai Pemilu 2024

Prabowo Sowan ke PKB, Disambut Pakai Karpet Merah

Prabowo Subianto dan Cak Imin tampak bersalaman dan saling berpelukan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024