Pasar Komputer

Lampaui PC, Penjualan Notebook Naik 55,2%

Permintaan pasar akan consumer notebook terus mengalami peningkatan. Berdasarkan laporan IDC, pada kuartal ketiga tahun ini, penjualan notebook mencapai 55,2 persen, meningkat sekitar 18 persen dibanding periode yang sama pada 2007. Angka di atas 50 persen itu sekaligus menjadi rekor baru penjualan notebook secara global.

Mau Lebaran, Dua Kepala Sekolah Malah Jadi Tersangka Korupsi PPPK di Langkat

Jumlah notebook yang pasarkan selama kuartal tersebut dilaporkan mencapai 9,5 juta unit. "Disinyalir pemicunya adalah musim 'kembali ke sekolah'. Sementara itu, krisis keuangan yang berkembang ternyata tidak terlalu mempengaruhi pasar PC," papar IDC, seperti dilansir AFP.

Hal senada juga terlontar dari mulut Martin Wibisono, Category Director Personal Systems Group (PSG) HP Indonesia, yang mengatakan pihaknya menerima permintaan consumer notebook yang cukup besar, setidak-tidaknya dalam dua tahun terakhir.

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

"Kami mengalami pertumbuhan penjualan hingga dua kali lipat. Tak bisa dipungkiri, consumer notebook PC memang jajaran yang paling demanding di PSG," aku Martin.

Di samping itu, David Daoud, Manajer Riset IDC, tak memungkiri jika ketegangan ekonomi yang berkepanjangan pada akhirnya dapat menimbulkan dampak yang merugikan di sektor pasar PC, yang menyebabkan pertumbuhan berkurang.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur

"Meskipun demikian, setiap pembeli mempertimbangkan PC sebagai produk yang wajib dimiliki, bukan masuk dalam daftar kebutuhan sekunder," pungkasnya.

Stefano Pioli dan para pemain AC Milan

AC Milan Jangan Gegabah Ganti Pioli dengan Conte

Masa depan Stefano Pioli bersama AC Milan masih belum ada kejelasan. Sempat beredar kabar jika dia takkan lagi menjadi pelatih di musim depan.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024