Pendirian Anak Usaha Askes Molor

VIVAnews - PT Asuransi Kesehatan (Askes) memperkirakan pembentukan anak usaha PT Indonesia Health Insurance baru terbentuk pada awal 2009 dari target sebelumnya November 2008.

Keterlambatan disebabkan perusahaan masih mempersiapkan kelengkapan administrasi dan pengesahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia serta Badan Pengawas Pasar Modal-Lembaga Keuangan (Bapepam-LK)

"Izin dari Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara sudah kami kantongi," ujar Dirut PT Askes I Gede  Subawa di kantor BUMN, Jakarta, Selasa 4 November 2008.

Menurut Subawa, perusahaan telah menyetor modal awal sekitar Rp 300 miliar dari kebutuhan seluruhnya sebesar Rp 1 triliun. Pemilikan anak usaha tersebut terdiri dari 98 persen saham milik PT Askes dan 2 persen milik koperasi. Hal itu sudah sesuai ketentuan bahwa kepemilikan saham perusahaan harus terdapat pihak luar.

Subawa menjelaskan, pihaknya telah mencalonkan nama-nama untuk mengisi posisi direksi di anak perusahaan tersebut yaitu direktur utama, direktur pemasaran, direktur teknik dan operasional, serta direktur umum dan keuangan. Sedangkan posisi komisaris berasal dari internal dan eksternal perusahaan. "Menneg BUMN Sofyan Djalil tidak masuk dalam jajaran komisaris karena terbentur undang-undang Kementerian yang baru dimana  tidak boleh ada rangkap jabatan," ujar dia.

Usulan nama-nama calon direksi dan komisaris selanjutnya akan diproses oleh Bapepam-LK untuk memperoleh persetujuan setelah dilakukan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) yang diharapkan diperoleh pada November 2008. Selain itu direktorat asuransi Bapepam-LK juga akan menilai kelayakan produk asuransi baru yang akan diterbitkan.

Askes mengharapkan terbentuknya PT Indonesia Health Insurance akan menyebabkan perusahaan dapat fokus mengembangkan usaha nonprofit dan komersial. "Pemisahan ini karena kami melihat potensi market yang cukup bagus untuk asuransi kesehatan ke depan," kata Subawa.

Viral Aksi Emak-emak di Makassar Mengamuk Sambil Ancam Pakai Parang Penagih Utangnya
Song Hye Kyo dan Gong Yoo

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng

Penggemar drama Korea bersiaplah untuk menyambut kehadiran dua bintang top dalam sebuah kisah sejarah yang menggugah. Gong Yoo dan Song Hye Kyo, dua nama besar di Korea.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024