TV Tuner

KWorld PlusTV Analog

Di jaman informasi serba cepat, pengguna komputer sering membutuhkan informasi secara real time. Contohnya memantau perkembangan informasi di musim pemilihan umum seperti ini. Untuk memantau berita lewat komputer, tentu pengguna perlu mengubah komputernya sedemikian rupa agar bisa dipakai untuk menonton TV. Misalnya dengan menancapkan TV tuner.

Salah satu varian TV tuner yang beredar di pasaran tanah air adalah Kworld PlusTV Analog Stick. Produk ini merupakan varian lain dari KWorld PlusTV yang pernah kami bahas. Sama-sama menggunakan interface USB untuk kemudahan penggunaan. Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Sekilas Produk
TV tuner berbasis USB 2.0 ini merupakan penangkap siaran televisi analog. Meski bisa digunakan untuk menangkap siaran dari layanan kabel, tidak seperti versi KWorld PlusTV Hybrid USB Stick, produk ini tidak dapat menangkap siaran televisi digital. Dari sisi dukungan sistem operasi, PlusTV Analog sama dengan varian sebelumnya. Windows XP SP2, Windows Media Center Edition, atau Vista merupakan sistem operasi yang didukung.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

KWorld PlusTV AnalogUniknya, meskipun serupa, kebutuhan sistem untuk TV tuner ini disebutkan lebih tinggi dibandingkan dengan varian yang mampu memutar siaran televisi digital. Kalau seri Hybrid dapat digunakan pada PC berprosesor minimal 1,6GHz dan memori 256MB, versi Analog ini perlu diinstalasikan pada komputer berprosesor 2GHz ke atas dan memori 512MB. Jika sistem operasi yang digunakan adalah Windows Media Center, kebutuhan sistemnya lebih tinggi lagi. Prosesor 3GHz dan memori 1GB. Saat kami coba gunakan di PC berbasis Windows XP dan prosesor 2GHz serta memori 1GB, loading awal software memang sedikit terasa berat.

Dari sisi kebutuhan untuk audio-video, produk ini membutuhkan spesifikasi yang sama dengan versi Digital yakni VGA DirectX 9.0 dengan memori video 64MB. Instalasi software dan driver juga membutuhkan ruang kosong yang lebih besar. Akan tetapi, bila Anda akan menggunakan produk ini di notebook Eee PC keluaran Asus, tentu spesifikasi minimal tersebut bisa diabaikan.

Fitur yang Tersedia
Dari desain, produk ini memiliki bentuk yang sama dengan versi Hybrid TV Stick. Tersedia ventilasi untuk mengalirkan udara sejuk dari bagian bawah ke dalam dan mengeluarkan udara panas melalui ventilasi di atas. Desain penutup dari produk ini juga sama persis. Bentuknya, slider dan tidak perlu dipasang-copot setiap kali perlu digunakan. Sedikit yang membedakan, pada produk ini pengguna perlu memasang konverter antena yang sudah disertakan sebelum menyambungkan antena ke dongle.

Secara software, KWorld HyperMedia Center 3.5 yang digunakan juga kompatibel dengan versi Hybrid. Tetapi untuk driver, pengguna perlu masukkan CD instalasi saat komputer mendeteksinya untuk pertama kali agar dapat digunakan. Bagi yang berjiwa kreatif, software PowerProducer 4 dan PowerDirector 5 untuk video editing buatan Cyberlink sudah disediakan.

Instalasi dan Penggunaan
Tidak ada yang aneh untuk instalasi KWorld PlusTV Analog Stick. Proses instalasi driver, software dan lain-lain sama seperti instalasi perangkat USB lainnya. Setelah memasang perangkat ke port USB dan memasang antena. Pencarian gelombang juga dapat dilakukan secara otomatis dan software langsung menyimpan setiap gelombang yang terdeteksi.

Dari sisi tampilan, berhubung softwarenya sama persis tidak ada perbedaan antar kedua produk. Informasi mengenai fungsi tombol yang ada disediakan ketika kursor berada tepat di atas icon tombol yang bersangkutan. Perekaman secara langsung atapun terjadwal juga bisa Anda lakukan dengan mudah.

KWorld PlusTV AnalogSayangnya, pengguna yang ingin menikmati hiburan digital menggunakan TV tuner ini perlu menggunakan mouse untuk melakukan kontrol. Tidak ada remote control seperti yang disediakan pada KWorld PlusTV Hybrid. Yang sedikit mengherankan, panas yang dihasilkan produk ini juga lebih tinggi dibanding varian dengan dukungan TV digital. Terutama di sisi konverternya yang menghubungkan dongle dengan antena. Apalagi jika digunakan dalam waktu yang cukup lama. Menurut distributornya, Misuco Electronic (021-6018218), produk ini dilepas di kisaran harga 38 dolar AS.

Kelebihan:
- Interface USB membuat produk ini mudah dipindah-pindahkan.
- Harga relatif terjangkau.

Kekurangan:
- Panas di bagian penghubung antena dengan dongle TV tuner cukup tinggi, perlu ditempatkan di ruang yang bersirkulasi udara baik.
- Tidak menyediakan remote control.

Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi
VIVA Otomotif: Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner

Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade

Berita yang membahas mengenai adu laris Fortuner vs Pajero Sport dan Shin Tae-yong mudah beli Palisade, banyak sekali dibaca hingga jadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024