Bahaya Lensa Kontak Dekoratif

VIVAnews – Lensa kontak dekoratif dengan berbagai motif yang funky memang menggoda. Lensa kontak ini memberi efek dramatis jika kita ingin tampil berbeda di pesta atau saat clubbing. Tapi tahukah Anda, lensa kontak semacam ini mengancam penglihatan?

American Optometric Association (AOA) mengungkapkan bahaya penggunaan lensa kontak dekoratif tanpa konsultasi dokter mata. Lensa kontak dekoratif yang tidak memiliki pengaruh membantu penglihatan tersebut populer dipakai anak muda pada acara-acara pesta seperti Halloween. Menurut penelitian AOA, hanya berdasarkan pemeriksaan dokter mata saja bisa diputuskan apakah seseorang bisa mengenakan lensa kontak tersebut tanpa mengalami masalah dan lensanya sendiri layak dipakai.

“Menggunakan lensa kontak tanpa konsultasi dokter bisa menimbulkan masalah pada mata dan kerusakan pada penglihatan karena konsumen tidak mendapat pengetahuan yang cukup tentang bagaimana membersihkan serta memasang dan melepas lensa kontak dengan benar,” ujar Ketua AOA's Contact Lens and Cornea Section, Paul Klein.

“Tanpa resep dan instruksi dari dokter mata, konsumen yang menggunakan lensa kontak mengambil risiko menginfeksi mata dengan bakteri, atau kerusakan signifikan yang mengganggu fungsi mata, dan bisa terancam kehilangan penglihatan,” tambahnya.

Lebih lanjut, AOA mengungkapkan, efek lain penggunaan lensa kontak dekoratif adalah konjungtivitis atau peradangan pada selaput lendir, alergi, pembengkakan, dan kerusakan kornea mata. Hal ini menimbulkan menurunnya penglihatan, dan membuat mata lebih sensitif terhadap cahaya.

“Lensa kontak dekoratif bisa menimbulkan risiko yang sama seperti lensa kontak korektif. Oleh karena itu, sangat penting bagi konsumen untuk mencari informasi dari dokter mata untuk mencegah infeksi,” kata Klein.

Cekcok Hebat dan Bergumul di Kamar, Suami Sadis Ini Tega Bunuh Istri Pakai Obeng

Rekomendasi dari AOA:

1. Temui dokter ahli mata untuk mendapatkan lensa kontak yang sesuai dan layak.
2. Selalu cuci tangan sebelum menyentuh lensa kontak.
3. Bersihkan lensa kontak secara rutin. Usap lensa kontak dengan jari dan bilas dengan cairan pembersih sebelum menyimpan lensa kontak dalam wadah yang sudah diisi cairan pembersih.
4. Simpan wadah lensa kontak di tempat yang lembab dan terlindung dari sengatan sinar matahari langsung. Ganti wadah penyimpan setiap tiga bulan sekali
5. Untuk menyimpan lensa kontak, gunakan cairan yang masih bar. Jangan menggunakan cairan yang sudah dipakai walaupun masih terlihat bening. Cairan pembersih dan penyimpan lensa kontak harus diganti setiap hari meskipun lensa kontaknya sendiri tidak dipakai setiap hari.
6. Selalu patuhi jadwal penggantian lensa kontak sesuai resep dokter.
7. Lepaskan lensa kontak sebelum berenang atau berendam air panas.
8. Temui dokter mata secara rutin untuk melakukan pemeriksaan ulang.

Tulisan ini termuat dalam http://www.healthnewsblog.com/.

9 Menu Buka Puasa Unik dari Berbagai Negara, Bikin Ngiler dan Penasaran!
(Tengah) Anggota Komisi C DPRD DKI, Esti Arimi Putri

Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi

Anggota Komisi C DPRD DKI Jakarta, Esti Arimi Putri menilai pentingnya upaya pemberdayaan daya beli terhadap semua golongan demi mengendalikan inflasi.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024