Waspadai Puting Beliung di Jakarta Utara

VIVAnews - Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) memperingatkan ancaman angin puting beliung di wilayah Jakarta bagian Utara.

Kecepatan angin yang mencapai 40 kilometer per jam ini dikhawatirkan memicu terjadinya pohon tumbang.

Apple Hapus Aplikasi WhatsApp dari App Store

"Masyarakat diimbau menghindari pohon-pohon besar saat hujan, kalau bangunan nggak perlu khawatir roboh," ujar Kepala Bidang Informasi Meteorologi Publik BMG Ahmad Zakir di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat 7 November 2008.

Ancaman angin puting beliung biasanya terjadi saat musim pancaroba seperti yang tengah dialami wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur bagian Utara.

Ciri-ciri pancaroba antara lain, hujan turun pada siang dan sore hari, hujan disertai petir dan angin kencang, serta hujan lebat berdurasi singkat sekitar 1 jam. "Jakarta Selatan pancaroba sudah habis. Jakarta bagian Utara baru mulai," ujar Ahmad.

Data Dinas Pertamanan DKI Jakarta menunjukkan, sekitar 30 persen pohon dari lima juta pohon yang tumbuh di Jakarta berpotensi patah atau tumbang. Pohon itu tersebar di seluruh wilayah Jakarta seperti di tepi jalan, tepi sungai, area ruang terbuka hijau, dan halaman bangunan perkantoran.

Bhayangkara FC Resmi Terdegradasi ke Liga 2
Ilustrasi kantong jenazah.

Mayat Wanita 'Open BO' Ditemukan di Pulau Pari, Polisi Teliti Penyebabnya Lewat Cara Ini

Pusat Laboratorium Forensik Polri masih meneliti organ-organ dalam perempuan berinisial R (35) yang tewas dengan wajah hancur di Dermaga Ujung Pulau Pari Kepulauan Seribu

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024