Kejaksaan: Amrozi cs. Dieksekusi Pk. 00.15

VIVAnews - Tiga terpidana mati kasus Bom Bali, Amrozi, Ali Ghufron alias Mukhlas dan Imam Samudra, telah dieksekusi mati pada Minggu, 9 November 2008, pukul 00.15 WIB. Kejaksaan Agung mengumumkan hal itu pada pukul 02.30 WIB.

"Pada kesempatan ini kami sampaikan ketiga terpidana telah dieksekusi pukul 00.15 WIB dengan cara ditembak," kata Kepala Pusat Penerangan dan Hukum Kejaksaan Agung, Jasman Panjaitan, dalam jumpa pers yang digelar di kantor Kejaksaan Agung, Jalan Hasanuddin, Jakarta, Minggu, 9 November 2008. "Dan dilanjutkan dengan otopsi, dan dinyatakan telah meninggal."

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Pengumuman ini mengakhiri kesimpangsiuran pemberitaan soal kepastian jadwal eksekusi.

Ketiga terpidana divonis mati setelah dinyatakan bersalah merencanakan dan melakukan aksi teror meledakkan dua bom di kawasan Legian, Kuta, Bali, pada 12 Oktober 2002. Bom pertama meledak di Paddy’s Irish Bar sedangkan bom kedua meletup di dekat Sari Club. Akibatnya, 202 orang tak berdosa tewas dan 305 lainnya luka-luka--termasuk sejumlah warga Indonesia dan umat Muslim. Bom ketiga meledak di dekat kantor Konsulat Amerika Serikat di Denpasar, namun tak ada korban jiwa.

Ketiga gembong teror itu disidang secara terpisah. Amrozi divonis hukuman mati pada 7 Agustus 2003, Imam Samudra dipidana mati pada 10 September 2003, dan Mukhlas, yang merupakan kakak Amrozi, dijatuhi hukuman mati pada 2 November 2003. Sebelum ditembak, ketiganya ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kerobokan, Bali, namun kemudian dipindahkan ke LP Batu, Nusakambangan.

4 Kebiasaan Unik Suku Dayak, Dari Telingaan Aruu hingga Panggil Arwah Leluhur
Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum dengan Sesama Jenis, Kantor Disegel

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluang Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman disegel oleh warga setempat, Kades dituduh hubungan sejenis

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024