RI akan Alihkan Pasar Ekspor dari AS ke Eropa

VIVAnews - Indonesia akan memperluas pasar ekspor ke Eropa. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan Eropa merupakan pasar yang baik karena dampak krisis di sana tidak sekeras Amerika.

Kalla juga mengatakan langkah perluasan ekspor tersebut diperlukan untuk mengurangi dampak penurunan ekspor komoditas seperti tekstil, elektronik, dan karet ke Amerika Serikat. "Jadi ekspor ke luar Amerika Serikat harus ditingkatkan," ujar Kalla setelah menerima Putra Mahkota Kerajaan Belgia Pangeran Philippe di kantor Wapres, Jakarta, Senin 24 November 2008.
 
Pangeran Philippe tiba sekitar pukul 13.30 WIB dan langsung diterima Kalla dan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Paskah Suzetta. Pangeran Philippe mengenakan setelan jas resmi dengan dasi hitam bercorak merah. Pertemuan selesai pukul 14.40 WIB.

Kalla menjelaskan Belgia memegang peranan penting dalam rencana perluasan pasar ekspor tersebut. Alasannya, ibukota Belgia yaitu Brussel juga merupakan ibukota Uni Eropa.

"Akses administrasi ke Uni Eropa melalui Brussel sangat penting," kata Kalla. Saat ini, kata Kalla nilai ekspor Indonesia ke Eropa mencapai US$ 15 miliar setiap tahunnya. Nilai ekspor mulai menanjak karena selama tiga bulan terakhir stok karet dan minyak kelapa sawit mentah di Amerika dan Eropa menipis. Akibatnya terjadi kenaikan harga.

Pangeran Philippe menyambut baik peningkatan hubungan antara Indonesia dengan Belgia. Dalam kunjungannya yang akan berakhir Selasa 25 November 2008, Pangeran Philippe membawa sekitar 130-an pengusaha untuk melihat kondisi investasi di Indonesia.

3 Penyanyi Beragama Muslim yang Menyukai Lagu Rohani Nonis, Siapa Saja?
Pemain Al Nassr, Cristiano Ronaldo

Prediksi Liga Arab Saudi: Al Nassr vs Al Fayha

Duel Al Nassr vs Al Fayha dalam lanjutan Liga Arab Saudi matchday ke 28 di Stadion King Saud, Jumat 19 April 2024, pukul 22.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024