BEI: Saham Publik di Century Tidak Hangus

VIVAnews - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) memastikan kepemilikan publik pada saham PT Bank Century Tbk (BCIC) tidak akan hangus.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus

"Sebab, publik memiliki hak walau mereka hanya investor kecil," kata  HMS Sembiring, direktur perdagangan saham, penelitian dan pengembangan usaha BEI kepada wartawan di Jakarta, Senin, 24 November 2008.

Menurut Sembiring, pendapat yang mengatakan saham publik di Bank Century itu hangus setelah diambil alih Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) hanya merupakan kesalahan persepsi saja. "Aturan LPS justru bagus untuk publik. Sebab, saat ini Bank Century lebih aman," jelasnya.

5 Bintang Arsenal Terancam Absen Lawan Man City! Perebutan Puncak Klasemen Makin Panas

Sesuai Undang-Undang 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan, lembaga ini berhak menguasai seluruh saham bank yang diambil alih. Namun, pemilik lama bisa ikut serta dalam penyehatan bank yang sakit melalui penyertaan modal minimal 20 persen.

Sembiring mengungkapkan, kepemilikan publik tidak bisa dihilangkan dari komposisi pemegang saham. Sebab, sebagai pemegang saham, publik memiliki hak dalam kepemilikan saham Bank Century.

Dia mengatakan, undang-undang LPS mungkin mengatur kewajiban untuk pemegang saham utama saja. Sehingga, BEI menilai peraturan tersebut tidak mungkin mengorbankan saham publik.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Sedangkan Direktur Utama BEI Erry Firmansyah mengatakan, dalam undang-undang itu LPS meminta saham publik diambil alih. Namun,  hal itu saat ini sedang dalam pembahasan. Sebab, di dalamnya terdapat saham pendiri dan saham publik. "Jadi, belum bisa ditetapkan pada saham yang mana," ujarnya.

Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024