Tingkatkan Likuiditas

Pemerintah Alihkan Dana ke Bank BUMN

VIVAnews - Segala upaya dilakukan pemerintah dan Bank Indonesia untuk memperkuat likuiditas di pasar. Langkah terbaru yang sudah dilakukan adalah memindahkan rekening pemerintah di BI ke bank-bank BUMN.

Upaya tersebut, kata Ketua Forum Stabilitas Sektor Keuangan Raden Pardede merupakan bagian dari kebijakan countercyclical yang berupa paket stimulus untuk menggerakkan ekonomi.

9 Deretan Patung Yesus Kristus Tertinggi di Dunia, Indonesia Menempati Posisi Pertama

"Di APBN 2009 strategi ini sudah disusun. Semua untuk melakukan adjusment. Yang sudah dilakukan adalah penambahan likuiditas dengan memindahkan rekening pemerintah di bank BUMN," beber Raden di sela diskusi di Hotel Sahid, Jakarta, Rabu 26 November 2008.

Selain itu untuk belanja Kementerian/Lembaga, pemerintah akan mengucurkan Rp 100 triliun untuk satu bulan ke depan. Giro Wajib Minimum juga akan diturunkan sampai lima persen. BI juga membolehkan bank melakukan repo.

Angka Rp 100 triliun ini kata dia sudah digariskan dalam APBN. Namun cukup atau tidak, pemerintah akan memantaunya. "Kita lihat swasta, pemerintah akan melihat bagiannya, tapi sektor swastanya harus pesimis. Karena faktor psikologi swasta tidak bisa dikendalikan, ini sesuatu yang tidak dibawah kontrol siapa pun. Baik bank atau swasta, ini yang kita komunikasikan. Tapi kita tidak boleh pesimistik, ini bisa," beber Raden.

Untuk mengatasi krisis, pemerintah juga akan melibatkan partai politik yang ada di DPR. Pemerintah juga akan mempersiapkan strategi memburuknya kondisi global. Apa yang akan dilakukan ke depan. Kepemimpinan politik juga tidak diabaikan karena ini menjadi kunci. "Tahun 1998 karena politik amburadul, kita krisisnya parah. Di sana banyak yang bingung, siapa yang incharge," ujar Raden.

Pemerintah juga berusaha menjaga kesinambungan anggaran pada 2009, termasuk pengurangan pajak sampai 2 persen untuk perseorangan, perusahaan yang go publik sampai 5 persen dan CPO menjadi nol persen pada November 2008.

Tidak hanya itu, pemerintah juga menyampaikan rencana darurat untuk mendapatkan pinjaman sebesar US$ 5 miliar dari bilateral dna multilateral. "Ini untuk mengantisipasi jika mark to market tidak berfungsi sampai tahun depan. DPR juga telah memberi keluluasaan dengan meredefinisi pembiayaan darurat," jelas dia.

Pemain Juventus usai dikalahkan Udinese

Prediksi Serie A: Cagliari vs Juventus

Duel Cagliari vs Juventus dalam lanjutan Serie A matchday ke 33 di Stadion Unipol Domus, Sabtu 20 April 2024, pukul 01.45 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024