Sang Laskar Pelangi Ungkap Pernikahannya

VIVAnews - Kabar hadirnya Roxana, perempuan yang mengaku pernah dinikahi Andrea Hirata, pengarang Laskar Pelangi menggelinding bak bola panas. Di tengah sukses fenomenal novel Laskar Pelangi, selama ini Andrea kerap mengaku ke publik sebagai pria tak beristri.

Setelah bungkam dan terus-menerus dipojokkan media, lulusan fakultas ekonomi Universitas Indonesia itu akhirnya menjawab teka-teki status bujangnya. Didampingi kuasa hukumnya, Helen, pada acara peluncuran novel Maryamah Karpov, tetralogi terakhir Laskar Pelangi, Andrea meluruskan kesimpang-siuran yang beredar liar.

"Secara hukum pernikahan saya sudah dibatalkan Pengadilan Negeri Agama Surabaya, alasannya karena perempuan yang saya nikahi masih resmi sebagai istri orang," tandas Andrea yang tampak hati-hati mengontrol perkataannya pada acara peluncuran novel Maryamah Karpov di MP Bookpoint, Cinere, Jakarta Selatan, pada Jumat, 28 November 2008 malam.

Penulis yang pernah mendapat beasiswa dari Universite de Paris, Sorbonne, Perancis itu, mengaku bingung lantaran pembatalan pernikahannya yang sudah dilaksanakan sembilan tahun silam di Pengadilan Agama Surabaya diusik kepermukaan lagi. Andrea tidak banyak bicara perihal pernikahan dengan wanita yang mengaku sebagai teman akrabnya dari SD itu.

"Saya tidak tahu semua itu (status Roxana). Kalau saya tahu kenapa saya menggugat," ujar Andrea. Lewat kuasa hukumnya, Helen, Andrea menyerahkan duduk persoalan kronologis pembatalan pernikahannya.

Pernikahan Roxana dan Andrea digelar 10 tahun silam pada 5 Juli 1998 di KUA Kampit Belitung. Dua tahun kemudian, 2 November 2001, Andrea mengajukan permohongan pembatalan pernikahan dengan Roxana lewat Pengadilan Agama Surabaya.

Alasannya, pria yang saat ini berdomisili di Bandung itu punya bukti kuat, istrinya masih terikat perkawinan dengan pria bernama Dede Suherman. Pernikahan Dede dengan Roxana tercatat di KUA Batununggal Bandung pada 13 Mei 1994, tercatat hingga sekarang.

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024