Toyota Urban Cruiser 2009

Penjelajah Kota Ramah Lingkungan

VIVAnews -- Paris Motor Show 2008 adalah salah satu ajang pamer mobil terbesar di dunia.Toyota adalah satu dari sekian banyak rumah produksi yang memanfaatkan momen ini.

Urban Cruiser 1.4 D-4D, salah satu model terbaru yang diusung Toyota di sini. Mini SUV ini pernah dipamerkan di Geneva Motor Show 2006 lalu sebagai mobil konsep. Mobil irit bahan bakar ini dijadwalkan turun gunung pada awal 2009 ini.

Desain Toyota Urban Cruiser merupakan aspirasi dari SUV khas perkotaan. Bila dilihat dari tampilannya, mobil berpengerak empat roda itu tak jauh dengan saudaranya, RAV4 yang berpintu tiga.

Kekompakan Urban Cruiser tampak jelas dengan tampilan yang lengkap, paketan yang cermat, dan penggunaan sistem kendali pada keempat rodanya.

Perwajahan kelihatan sangat kasar. Berukuran panjang 3930 mm, lebar 1725 mm dan tinggi 1540 mm. Penonjolan pada bagian otot-ototnya menambah kegagagahan. Berpintu lima pintu membuat si penjelajah ini terlihat nyaman dikendarai keliling kota.

Di bagian luar, mobil ini menyediakan fasilitas seperti bemper pelindung. Keunggulan lainnya adalah penonjolan pada bagian karet pintu yang dibuat merendah.

Selain itu, raangkanya juga terlihat kokoh. Lampu utama pada bagian belakang mengikuti grill depan. Bagian sayap pun ditanggalkan agar mobil terkesan lebar.

Warna Ice Blue yang lembut membuat tampilan sangar Urban Cruiser elegan. Penampilannya kian lengkap dengan pelek 17 inch.

Kelebihan lain, menurut rilis resminya, Toyota Urban Cruiser dibuat untuk mengurangi emisi gas buang dengan total pengurangan sebesar 140 km/jam.

Urban Cruiser Chief Engineer Kosuke Shibahara, dalam siaran persnya mengatakan, ”Urban Cruiser menjadi kendaraan yang sangat tepat untuk konsumen yang mencari fleksibilitas dalam berkendara namun tetap ramah lingkungan.”

Ada dua pilihan dapur pacu ramah lingkungan dan irit BBM yang disediakan Toyota untuk model anyarnya ini. Yaitu mesin diesel 1.4-litre D-4D dan mesin bensin 1.33-litre Dual VVT-i yang dilengkapi dengan sistem Stop and Start. Keduanya mengunakan sistem pemindahan gigi enam kecepatan manual.

Kosuke menambahkan, Urban Cruiser adalah bentuk kendaraan rekreasi jenis baru. ”Ini saat yang tepat bagi kami untuk memperkenalkan mobil ini, ketika banyak negara mulai menerapkan sistem pajak yang didasari pada emisi gas buang,” katanya.

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum
Syifa Hadju

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Syifa Hadju, setiap orang dalam sebuah hubungan pasti akan belajar menerima kekurangan pasangan masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024