Artika Sari Devi

Bush Perlu Belajar Public Speaking

VIVAnews - Aksi lempar sepatu pada pidato kunjungan terakhir George W. Bush di Irak menggelitik saraf tawa banyak orang. Tak terkecuali Puteri Indonesia 2004, Artika Sari Devi.

Pemeran 'Opera Jawa' itu menilai Presiden Amerika Serikat itu harusnya berkaca. Artika menyarankan Bush introspeksi diri setelah dua kali ditimpuk sepatu.

"Saya tetap menyalahkan Bush-nya sih. Harusnya dia malu sendiri. Pikirkan apa yang membuat kita sampai mendapat perlakuan tidak baik," ujar istri Baim itu dalam perbincangan dengan VIVAnews do Graha Niaga, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa, 16 Desember 2008 malam.

Bush boleh bersikap tenang meski seluruh dunia menyaksikan aksinya menghindar dari sepatu berukuran 10 itu. Sebagai alumnus ajang Miss Universe, Artika punya saran dan kritik khusus untuk pemimpin negeri Paman Sam itu.

Artika melihat insiden itu terkait dengan etika Bush berpidato. Presiden yang sebentar lagi digantikan Obama itu masih perlu belajar public speaking yang baik dan benar. "Bahkan pemimpin negara pun bisa melakukan kesalahan yang fatal," tandas Artika.

Peraih Aktris Terbaik di Festival Film 3 Benua Nantes, Prancis itu mencoba bijaksana. Pidato Bush sepengetahuan Artika mengandung unsur yang menyinggung pihak tertentu, dan itu sangat fatal.

Bagaimanapun juga, Artika maklum jika wartawan pelempar sepatu diganjar sanksi. Masalah hukum, kata mahasiswi S2 Universitas Gadjah Mada Yogyakarta itu, lain urusan. Walau puas dapat menghina Bush di forum kenegaraan, tindakannya layak dibayar hukuman.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions
Qatar vs Timnas Indonesia U-23

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Timnas Indonesia U-23 diminta melupakan kekalahan saat melawan Timnas Qatar U-23. Garuda Muda takluk 0-2 dari tuan rumah di Jassim Bin Hamad Stadium, Senin 16 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024