Jelang Natal & Tahun Baru

Hunian Hotel Berbintang di Jogya Capai 90%

VIVAnews - Menjelang hari Raya Natal dan Tahun Baru 2009 tingkat hunian hotel berbintang di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sudah mencapai 90 persen.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Sedangkan untuk hotel melati dan ‘guest house’ baru 70 persen. Tamu hotel didominasi wisatawan domestik. Tingkat hunian hotel diperkirakan akan mencapai 100 persen pada 24 Desember mendatang.

Data dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, untuk jumlah hotel berbintang satu hingga lima yang ada di DIY jumlahnya ada 35 unit dengan 3.500 kamar. Sedangkan untuk hotel melati dan ‘guest house’ mencapai 842 hotel dengan 8.000 kamar.

Ketua PHRI DIY, Istidjab, Minggu 21 Desembeer 2008 mengatakan, pihak hotel sudah mempersiapkan diri untuk menyambut tamu menyambut Hari Raya Natal dan perayaan Tahun Baru 2009.

Berbagai hotel sudah menyiapkan persiapan dengan membuat menu makanan khusus atau memberikan paket hiburan. Bermacam hiburan yang diselenggarakan di perhotelan. Seperti festival jalanan, fashion show, band, tari-tarian, hingga beragam ‘door prize’.

"Khusus untuk menyambut Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2009 kita sudah melakukan pemantauan terus, termasuk langkah yang akan kita lakukan apabila hotel-hotel yang ada penuh tetapi masih ada tamu. Kalau itu terjadi maka kita akan arahkan penginapan ke ‘guest house," ujar Istidjab.

Istidjab mengungkapkan, pihaknya merasa yakin perayaan natal dan tahun baru di Yogyakarta akan mendongkrak dunia pariwisata. Saat ini dunia pariwisata di Yogyakarta terus membaik dan jumlah wisatawan yang datang terus naik.

Apalagi, mulai tanggal 15 Desember, Bandara Adisutjipto Yogyakarta membuka jalur penerbangan langsung dari Yogyakarta-Singapura. "Berarti saat ini untuk penerbangan langsung Yogyakarta ke luar negeri ada dua, yaitu Yogyakarta-Malaysia dan Yogyakarta-Singapura," jelasnya.

Hingga saat ini secara keseluruhan jumlah wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta sudah mencapai 6,5 juta orang. Jumlah tersebut masih belum mencapai target yang sudah ditetapkan sebanyak 7 juta orang. "Kami yakin target itu akan tercapai pada akhir tahun ini, yaitu pada perayaan Natal dan Tahun Baru," tuturnya.

Laporan: Rahardian/Yogyakarta

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024