Warung Kejujuran KPK Rugi

VIVAnews - Warung kejujuran yang berada di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi merugi. Padahal warung ini merupakan tempat untuk melatih kejujuran setiap orang yang mengunjunginya.

"Masalahnya pada perilaku," kata Wakil Ketua bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Haryono Umar, di Gedung KPK, Jakarta, Selasa 30 Desember 2008. Kerugian ini tidak hanya dialami warung kejujuran di KPK. Tapi juga beberapa warung kejujuran di sejumlah daerah.

Untuk menutupi kerugian ini, pimpinan KPK bahkan harus patungan. "Pimpinan patungan untuk menutupi (kerugian)," ujarnya.

Warung kejujuran KPK pertama kali dibuka pada 12 Mei 2008. Warung ini diletakkan di ruang tunggu Gedung KPK. Pembeli diberi keleluasaan untuk membeli makanan dan minuman namun harus dibayar sesuai dengan harga. Saat ini setidaknya ada 17 warung yang tersebar di berbagai sekolah di daerah seperti Riau, Jambi, dan Bali.

Kerugian ini tidak hanya dialami warung kejujuran di KPK. Tapi juga beberapa warung kejujuran di sejumlah daerah.

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi, Antasari Azhar, menambahkan komisi akan mengevaluasi program warung kejujuran ini. "Tahun depan kita akan evaluasi," kata dia.

Walau merugi, komisi akan tetap meneruskan program tersebut. "Kan tidak menggunakan anggaran dari APBN," jelas dia.

Deretan Negara Paling Tak Percaya Tuhan di Dunia, Mayoritas di Benua Asia!
Jenderal Francis Omondi Ogolla

Helikopter Militer Kenya Jatuh, Jenderal Ogolla Menjadi Korban

Sebuah helikopter militer Kenya yang membawa petinggi termasuk kepala pertahanan jatuh pada hari Kamis, 18 April 2024, menurut keterangan dari pihak kepolisian.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024