Tren Keamanan 2009

Selain melaporkan tren kejahatan Internet yang paling sering muncul sepanjang tahun 2008, Symantec juga membuat prediksi seputar keamanan. Berikut ini enam metode serangan yang diperkirakan akan banyak bermunculan di tahun 2009.

Ledakan Varian Malware
Ke depannya, sebuah serangan malware akan terdiri dari jutaan serangan yang terpisah dan menyebar. Metode ini menciptakan jenis-jenis malware unik yang jumlahnya tidak terhingga. Dari sensor data yang diperoleh Symantec Global Intelligence Network, terlihat bahwa saat ini kita sudah sampai di titik persinggungan. Menurut trennya, kini lebih banyak program berbahaya yang dibuat dibandingkan program legal. Serangan-serangan baru yang terus bermunculan itu menujukkan perlunya metode pendeteksian baru sebagai pelengkap. Contohnya adalah pendekatan keamanan berbasis reputasi.

Ancaman Web Tingkat Tinggi
Ketika jumlah layanan web meningkat dan browser terus mengalami konvergensi menjadi memiliki satu standar yang seragam untuk bahasa penulisan, Symantec memperkirakan jumlah ancaman serangan baru berbasis web akan terus meningkat.

Krisis Ekonomi
Krisis ekonomi global akan menjadi basis dari banyak serangan baru, terutama serangan phising. Contoh tema yang digunakan untuk penipuan adalah seputar penutupan sebuah bank tertentu. Dengan demikian, kriminal dunia maya dapat lebih mudah mendapatkan informasi pribadi nasabah. Penipuan jenis lain, seperti e-mail yang menjanjukan kemudahan memperoleh kredit atau pembiayaan juga diperkirakan akan meningkat. Scam atau penipuan terhadap orang-orang yang rumahnya disita, atau penawaran “bekerja dari rumah” yang membidik para pengangguran, serta spam yang berkedok situs lowongan pekerjaan juga diperkirakan akan muncul.

Jejaring Sosial
Di tahun 2008, Symantec mengamati adanya peningkatan aktivitas ancaman yang berhubungan dengan situs jejaring sosial. Serangan-serangan ini melibatkan phising untuk mencuri akun pengguna dan atau menggunakannya untuk keuntungan si pelaku kejahatan. Serangan-serangan lewat situs jejaring sosial ini bisa menjadi momok bagi divisi IT perusahaan-perusahaan karena karyawan sering mengakses situs jejaring sosial lewat jaringan komputer perusahaan.

Spam
24 jam setelah jaringan spam McColo terbongkar, Symantec melihat terjadi penurunan spam sebesar 65%. Tetapi tidak lama kemudian, serangan kembali meningkat. Symantec memperkirakan spam akan meningkat kembali ke level 75-80% di tahun 2009 ini. Para cybercriminal akan membangun kembali sistem komando dan kontrol, dan yang lebih penting, ini akan mendorong spammer untuk terus menggunakan peer to peer botnet yang umumnya lebih sulit diatasi. Gejolak iklim ekonomi dunia juga membuat perusahaan-perusahaan hosting di seluruh dunia bersedia memfasilitasi kegiatan spam.

Keamanan Mesin Virtual
Teknologi virtualisasi akan dimasukkan ke dalam solusi keamanan untuk menghadirkan lingkungan yang terisolasi dan terlindung dari kekacauan yang terjadi di sistem operasi utama. Teknologi ini akan menyediakan lingkungan yang aman untuk melakukan transaksi sensitif seperti perbankan dan melindungi infrastruktur penting seperti komponen keamanan yang berfungsi untuk melindungi sistem operasi utamanya.

PAN Anggap Anies dan Ganjar Hadir atau Tidak dalam Penetapan Prabowo Tak Ada Pengaruhnya
Petugas Dinas Perhubungan DKI Jakarta menderek mobil yang parkir sembarangan di Jalan Raya Mangga Besar, Jakarta

Belajar dari Wanita Ngamuk ke Dishub karena Digembok Mobilnya, Pahami Aturan Parkir di Jalan

Pinggir jalan atau bahu jalan sebenarnya tidak boleh digunakan sebagai tempat parkir karena dapat mengganggu mobilitas pengguna jalan lainnya. Pahami aturan soal parkir.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024