Laporan Hanibal Wijayanta dari Kairo

Tim Kemanusiaan di Perbatasan Gaza

VIVAnews -- Tim Bantuan Kemanusiaan dari Indonesia sudah bisa mencapai perbatasan Jalur Gaza. Bahkan sejak kemarin sore, Dr Sarbini dari Mer-C --anggota tim bantuan kemanusiaan-- sudah menempuh perjalanan hingga ke Rafah.

Terpopuler: Sandra Dewi Kena Hujat karena Suami sampai Sopyan Dado Meninggal

Seorang diri, Sarbini naik bus. Dia melihat sejumlah pesawat dari Israel melintas dan mendengar dentuman bom. Dia menyampaikan kabar, "Gaza selatan sudah diserang."

Israel sempat menghentikan serangannya ke Palestina untuk memberi kesempatan bagi tim kemanusiaan manuju ke perbatasan. Tetapi, tim tidak bisa masuk ke wilayah gawat, Israel hanya memberi izin korban perang saja yang mondar-mandir mengambil bantuan.

Setelah tiga jam berlalu, dentuman bom terjadi lagi. Pasukan darat Israel juga sudah masuk ke Palestina sejak beberapa hari lalu.Selama penyerangan yang dilakukan sejak pekan lalu ini, sudah 700 korban tewas dari Palestina. Angka ini sudah termasuk anak-anak dan perempuan.

Semula, tim dari Indonesia yang hendak memberi bantuan kemanusiaan kepada korban perang di Jalur Gaza, sempat terhambat. Belakangan Wakil Menteri Luar Negeri Mesir untuk Urusan Pengungsi Palestina, Adelrahman Salaheldin, membantu memfasilitasi Tim Bantuan Kemanusiaan RI.  "Hingga tim Indonesia melihat langsung serah terimanya," kata Salaheldin.

Ketua Tim Delegasi Indonesia, Rustam Pakaya, menyambut baik janji Salaheldin. Karena itu, Kepala Pusat Pengendalian Krisis di Departemen Kesehatan ini langsung menyusun daftar obat-obatan dan kebutuhan kesehatan lainnya bersama Mer-C, Bulan Sabit Merah Indonesia, dan Bulan Sabit Palestina.

Usai pertemuan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Mesir, Ketuam Tim R. Pakaya menandatangani MoU penyerahan bantuan Indonesia melalui Kedutaan Besar Mesir Rp 1 Miliar.

Hanibal Wijayanta adalah wartawan senior ANTV. Laporannya dapat disaksikan di ANTV.

Perburuan Top Skor Liga 1 Memanas! Flavio Silva Ancam David Da Silva
Ini Dia Para Tersangka Penembakan di Moskow Rusia

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang

Dalam berita terbaru yang mengejutkan, dilaporkan bahwa empat teroris yang terlibat dalam serangan mengerikan di gedung konser Balai Kota Crocus dekat Moskow pada Jumat,

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024