Akses Tol Medan-Kualanamo Terkendala Lahan

VIVAnews - Departemen Pekerjaan Umum mengungkapkan pembangunan akses jalan tol Medan-Kualanamo masih terhambat pembebasan lahan. Padahal, bandara tersebut mulai beroperasi sementara akhir Desember 2009.

"Kendala utama pembangunan tol masih pembebasan lahan," kata Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto pada konferensi pers mengenai pencapaian kinerja 2005-2008 dan program 2009 di DPU, Kamis, 8 Januari 2009.

Menurut Djoko, kendala terbesar pembangunan jalan tol di Indonesia selain minat investor adalah pembebasan lahan. Seperti jalan tol Medan-Kualanamo. "Akhir tahun ini bandara akan difungsikan
sementara, tapi jalan tolnya belum selesai," jelasnya.

Dia juga mengakui, pemerintah masih sulit memenuhi target pembangunan 1.500-1.600 km jalan tol yang ditargetkan selesai 2009 akibat terkendala pembebasan lahan dan sepinya minat investor. "Usaha yang dilakukan sudah maksimal," ujar Djoko.

Kendati demikian pemerintah, kata Djoko, terus mengupayakan penyelesaian beberapa proyek jalan tol prioritas. Di antaranya ruas tol Semarang-Solo ring I yaitu Ungaran yang ditargetkan selesai pertengahan 2009. Serta, jalan tol Kanci-Pejagan yang diperkirakan juga tuntas pada pertengahan tahun ini.

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah

Dia mengatakan, dalam mengatasi kendala pembebasan lahanĀ  tersebut pemerintah akan bekerja sama dengan pemerintah daerah melalui sistem konsinyasi.

Djoko mencontohkan, untuk ring I Ungaran, sisa lahan yang belum terbebaskan sekitar 20 persen dari 12 kilometer akan segera dibebaskan dengan sistem tersebut.

Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024