Korban Banjir Jakarta

PMI Distribusikan Makanan ke 5.000 Pengungsi

VIVAnews - Hujan deras yang terus mengguyur sejak tiga hari lalu mengakibat sejumlah wilayah di Jakarta terendam banjir hingga mencapai 2 meter.

Health Minister Ensures Hospitals Ready to Handle Dengue Patients

Untuk membantu para pengungsi korban banjir di wilayah DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) menyediakan makanan untuk 5.000 pengungsi di 17 kelurahan yang merupakan lokasi pengungsian di wilayah Jakarta Utara dan Jakarta Timur.

Bantuan makanan ini disediakan PMI melalui pelayanan dapur umum yang dipusatkan di posko PMI di tiap cabang selama bencana banjir. Di wilayah Jakarta Utara, PMI menyediakan makanan bagi korban banjir di 5 titik pengungsian, yaitu Kelurahan Pengangsaan RW 003, Marunda RW 07, Sukapura, Lagoa, dan Rawa Badak.

Sementara untuk wilayah Jakarta Timur, makanan disediakan bagi korban banjir di 12 titik pengungsian, yaitu Kelurahan Kampung Melayu, Bidara Cina, Cawang, Cililitan, Rawa Teratai, Cakung Timur, Cakung Barat, Pulogebang, Cipinang Melayu, Pondok Bambu, Cipinang Besar Selatan, dan Cipinang Muara.

Tidak kurang dari 100 relawan dari PMI Cabang Jakarta Utara maupun PMI Cabang Jakarta Timur diturunkan untuk membantu penyediaan bantuan makanan ini. Bantuan makanan ini dikirimkan oleh para relawan dengan menggunakan 3 unit kendaraan dapur umum yang dimobilisasi dari masing-masing PMI cabang.

"Untuk memudahkan penyediaan makanan kami juga mengerahkan relawan SIBAT (Siaga Bencana Berbasis Masyarakat) yang merupakan anggota masyarakat itu sendiri," kata Dasril ZA, Kepala Markas PMI Jakarta Utara. 
 
Sementara itu di wilayah Jakarta Timur, penyediaan bantuan makanan oleh PMI bekerjasama dengan Sudin Sosial (Suku Dinas Sosial) setempat. "PMI mendapat bagian untuk menyediakan makanan pada sore hari. Untuk makan siang biasanya dilakukan oleh Sudin Sosial setempat," kata H. Jahari, Staf Bidang Bantuan Sosial PMI Cabang Jakarta Timur.  

PMI Cabang Jakarta Timur juga membagikan bahan makanan berupa beras sebanyak 250 kilo, 2 dus mie instan, 5 dus minyak goreng, 2 dus kecap, dan 2 bal kerupuk untuk pengungsi korban banjir di Kelurahan Cipinang Besar Selatan.

Prabowo Subianto

Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping

Menteri Pertahanan juga pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto akan mengunjungi Beijing China, pada 31 Maret-2 April 2024. Prabowo dijadwalkan bertemu Presiden Xi Jinping

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024